Bhabinkamtibmas Polsek Sosoh Buay Rayap Polres OKU Selesaikan Kasus Percobaan Pemerkosaan Melalui Problem Solving

oleh -205 Dilihat
Bhabinkamtibmas Bripka Adi Iswanto di Rantau Kumpai

BATURAJA,Samudra.News-Bhabinkamtibmas Polsek Sosoh Buay Rayap Polres OKU Desa Rantau Kumpai Bripka Adi Iswanto melakukan kegiatan Problem Solving warga binaan. Sabtu (08/04/2023) siang.

Sebelumnya telah terjadinya kasus percobaan pemerkosaan oleh sdr. IM, alamat Desa Rantau Kumpai Kec. Sosoh Buay Rayap Kabupaten OKU terhadap sdri LE, alamat Desa Rantau Kumpai Kecamatan Sosoh Buay Rayap OKU yang terjadi pada hari Kamis (30/03/2023) lalu.

Dengan adanya permasalahan warga binaan ini, Bhabinkamtibmas bersama Kepala Desa dan perwakilan dari Kecamatan memanggil kedua belah pihak untuk dilakukan musyawarah dikediaman Kepala Desa Rantau Kumpai.

Setelah kedua belah pihak hadir, Bhabinkamtibmas selanjutnya melakukan Problem Solving atas kasus percobaan pemerkosaan ini.

Saat kedua pihak dipertemukan, kedua belah pihak telah setuju dan sepakat untuk berdamai. Dalam perdamaian ini pihak pertama bersedia membayar biaya tepung kepada pihak kedua berupa uang tunai secara cash.

Kemudian kedua belah pihak tidak akan dendam dikemudian hari, pihak pertama dan kedua bersedia untuk diproses secara hukum yang berlaku apabila melanggar keputusan musyawarah yang ditetapkan dalam surat perjanjian.

Setelah kedua belah pihak dapat menyetujui isi surat perdamaian tersebut, selanjutnya kedua belah pihak dan saksi-saksi membubuhkan tanda tangan dalam surat perjanjian tersebut.

“Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, S.I.K., M.H, melalui Kapolsek Sosoh Buay Rayap AKP Prayitno mengatakan apa yang dilakukan oleh personelnya selaku Bhabinkamkamtibmas selain tugas sambang rutin, juga dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini gangguan kamtibmas di wilayah binaannya.

Disamping itu juga sudah menjadi tugas Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan Problem Solving pada setiap permasalahan yang terjadi di desa binaannya. “Tentunya permasalahan atau kasus ringan saja yang dilakukan problem solving” sehingga tidak meluas menjadi konflik sosial dan dapat terciptanya situasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat, pungkasnya (**).

Baca Juga :   Tiga Pansus Sampaikan Pandangan Umumnya Terhadap RPPA TA 2021