125 Mahasiswa STIT Darul Huda Muaradua Ikuti KKN Tahun 2024

oleh -1092 Dilihat
Foto bersama civitas akademika STIT Nurul Huda Muaradua OKU Selatan

MUARADUA OKUS,Samudra.News-Rektor Dr Saipul Umar SPd, M.Si memberikan arahan kepada  mahasiswa STIT Darul Huda Muaradua (Dh)  peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler dan Reguler. Pembekalan ini Wajib Untuk mahasiswa  dan pembekalan ini berlangsung di Aula Gedung Serai Lt.2, STIT DH, Kamis (25/07/2024).

Pembekalan  ini disaksikan oleh Wakil Rektor III, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), para Dekan dan Wakil Dekan.

Dalam sambutannya, Rektor Dr. Saipul Umar mengatakan membangun kesadaran mahasiswa dalam mewujudkan Visi STIT Darul Huda Muaradua, yaitu sebagai rujukan internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

KKN Non Reguler dan reguler menjadi salah satu wujud nyata pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa STIT Darul Huda selama 45 hari dimulai awal bulan Agustus, ujarnya.

“Kita memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi rujukan internasional. Hal ini tentu ditopang oleh misi, rencana strategis dan program-program dari setiap unit di kampus  ini. Salah satu misinya yaitu menyelenggarakan pengabdian berbasis riset untuk kepentingan pengembangan masyarakat dan lingkungan,” tuturnya.

Rektor berpesan kepada para mahasiswa agar dapat berkontribusi, berpikir kritis, berkolaborasi, berkreatifitas, dan berinovasi di tengah-tengah masyarakat. Tak hanya itu, mahasiswa juga dituntut untuk menunjukkan jati diri sebagai insan ber-ISI (Intellectuality, Spirituality, dan Integrity) selama mengabdi kepada masyarakat.

Ketua LP2M, Galih Prayogo S.Ag, M.A.P, dalam laporannya mengatakan,  125 mahasiswa KKN Non Reguler dan reguler terdiri dari 9 skema itu dari Pai dan PGmi.

Adapun tempat tempatnya yaitu, Kecamatan Pulau Beringin, Kisam, Kecamatan Tiga Dihaji, Kecamatan Buay Pemaca, Kecamatan Mekakau Ilir dan Kecamatan Bprrt.

Mengingat para mahasiswa akan bertemu masyarakat dan mahasiswa dari berbagai daerah,   berpesan agar mereka pandai beradaptasi dengan baik. Serta mempelajari adat istiadat daerah lokasi mereka mengabdi.

Baca Juga :   Kasad Tinjau Latihan Menembak Senjata Berat Arhanud Terintegrasi di Lumajang Jatim

Usai pembekalan, acara dilanjutkan dengan pembekalan mahasiswa KKN Non Reguler dan reguler.

Adapun narasumber yang dihadirkan diantaranya,  Hari Mulyono dari kepala kantor perwakilan Bursa Efek Indonesia Sumatera Selatan dengan materi cara beradaptasi dan merespon Culture Shock di tempat dan lingkungan baru.

Selanjutnya, Pimpinan Cabang PT Kbvalbury Sukeritas Indonesia Pelembang Suprianto menjelaskan mengenai Pengabdian dan Metodologinya. (Ndi)