WABUP MUBA Memancing Ikan Sekaligus Sosialisasi Pencegahan Karhutla

oleh -181 Dilihat
Wabup Muba Beni Hernedi naik perahu temui warganya

MUBA,Samudra.News-Wakil Bupati Muba Beni Hernedi yang juga menjabat Ketua PMI Muba sudah beberapa pekan terakhir ini menyisir daerah pelosok untuk mengedukasi sekaligus sosialisasi pencegahan Karhutla sembari Memancing Ikan di Sungai, Minggu (9/8/2020).

Beni Hernedi beserta Pengurus PMI Muba menyambangi Dusun Tangai, Dusun Muara Padang dan Dusun Kembang Umur Desa Epil Kecamatan Lais. Rangkaian kegiatan tersebut selain mancing bersama rombongan juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Dimulai dari kita sendiri, jadi saya mengajak dan menghimbau warga untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Beni juga mengatakan, banyak sekali dampak negatif dan merugikan banyak pihak jika sampai terjadinya kabut asap akibat Karhutbunla, ujarnya.

Jika lahan disini dibakar, mungkin disini tidak merasakan dampaknya tetapi daerah yang mendapat kiriman asapnya sangat dirugikan baik dari segi kesehatan maupun ekonomi, jelas Wabup Muba Beni Hernedi.

Beni menceritakan, dalam kesempatan tersebut dirinya juga mendengarkan curhatan warga karena kesulitan membuka lahan. Disini saya tegaskan banyak cara membuka lahan, dan dengan cara membakar tentu tidak dibenarkan dan melanggar Undang-undang, jelasnya.

Kepala Desa Epil, Armedi menyambut baik ajakan dan himbauan yang disampaikan Wabup Muba Beni Hernedi. Dirinya sependapat bahwa salah satu kunci dari pencegahan Karhutbunla adalah kesadaran masyarakat.

Terimakasih Pak Wabup, kami rasa warga Desa Epil akan dapat bekerjasama dengan baik dalam mencegah Karhutbunla. Selain itu, dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Muba Beni Hernedi juga menyambangi warga yang sedang sakit yakni Rudi (33) mengalami kelumpuhan yang mana sudah 8 bulan tidak bisa melakukan aktivitas hanya terkapar di rumah.

Dari lawatan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi  ke Desa Efil, Rudi yang mengalami kelumpuhan tersebut akan dibawa langsung oleh rombongan PMI Muba untuk mendapatkan perawatan RSUD Sekayu, pungkasnya (ulan).

Baca Juga :   PJ. Bupati OKU dan Kadin PUPR Tinjau Pembangunan Jembatan Kisiran Ogan Ulu