Vaksin Booster Untuk Tingkatkan Imun Penangkal Virus Varian Baru

oleh -165 Dilihat
Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH

BATURAJA,Samudra.News-Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH Bersama Forkopimda OKU Menghadiri Acara Launching Vaksinasi Covid-19 Booster (Dosis III). Bertempat di Gedung Kesenian Baturaja-OKU. Rabu (26/1/2022).

Turut hadir, Forkopimda OKU, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kakan Kemenag OKU, Kepala Instansi Vertikal, Kaposda BIN OKU, Para Camat Se-Kabupaten OKU, Para Lurah dan Kades dalam Kota Baturaja, Pimpinan BUMN dan BUMD serta Undangan Lainnya.

Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH menyampaikan, pemberian vaksin Booster merupakan upaya Pemerintah terus mencegah penyebaran virus Covid-19 demi keselamatan seluruh masyarakat Khususnya Kabupaten OKU dan seluruh kebijakan Pemerintah merupakan turunan dari Pemerintah Pusat.

Vaksin Booster ini merupakan vaksin lanjutan yang ketiga yang kita jalankan, dengan tujuan untuk meningkatkan imun kita untuk melawan virus dan menangkal virus-virus varian baru, ini adalah salah satu upaya yang kita laksanakan dan kita jalani dalam rangka melindungi diri kita sesuai dengan anjuran Pemerintah.

Berharap kepada masyarakat agar berpartisipasi dalam program vaksinasi untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pemberian vaksinasi lengkap.

Vaksin yang diberikan kepada masyarakat pun sudah diuji tingkat keamanannya jadi masyarakat diharapkan jangan takut, Edward Candra juga berharap untuk semua yang ada di sini baik dari masyarakat, maupun Pemerintah, TNI/Polri untuk bersinergi dalam mensukseskan vaksinasi ini.

 

Diinformasikan bahwa vaksinasi di Kabupaten OKU saat ini. Target Vaksinasi anak 6-11 Tahun sebanyak 41.028.Orang, Dosis 1 per tanggal 25 Januari 20022 sebanyak 72,41 persen, Target sasaran vaksinasi booster dosis III diprioritaskan untuk lansia dan umur 18 tahun keatas, Target vaksinasi masyarakat Kabupaten OKU untuk 12 tahun 269.955. dengan rincian dosis 1 dan 2 per tanggal 25 Januari 2022 dosis 1 sebanyak 87,73 Persen dan dosis 2 sebanyak 53,83 persen, untuk vaksinasi lansia berjumlah 26.244 orang dengan rincian dosis I sebanyak 62,81 Persen dan dosis II 35,27 persen.

Baca Juga :   DLH OKU Bersihkan Tumpukan Sampah Liar Dengan Alat Berat

Pemerintah Kabupaten OKU mendukung sepenuhnya setiap langkah yang ditetapkan Pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19 dan mencegah penyebarluasan wabah Covid-19, terutama dilingkungan dunia pendidikan.

Khusus untuk lingkungan pendidikan, sangat diharapkan peran serta dan partisipasi aktif komunitas sekolah, agar bisa memahami dan konsisten mematuhi Instruksi Pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan dan pemberlakuan pembatasan interaksi anak dengan lingkungannya.

Diharapkan kepala sekolah dan para guru bekerja keras untuk menemukan pola pengajaran tatap muka yang kreatif dan inovatif, yang menimbulkan suasana nyaman dalam belajar sesuai kondisi pandemi dan batasan interaksi antar siswa, serta kemudian mengawasi anak didiknya untuk tidak terlalu banyak berinteraksi dengan pihak luar sekolah.

Dihimbau agar semua elemen masyarakat bisa memaklumi dan bisa mendukung sepenuhnya kebijakan Pemerintah, karena dipastikan bahwa kepentingan masyarakat selalu diutamakan Pemerintah.

Khusus kepada satgas agar terus siap-siaga untuk mengajak masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan terutama pemakaian masker, dan pantau setiap titik yang menimbulkan kerumunan terutama di pasar dan pusat-pusat perbelanjaan.

Edward Candra juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, terutama Forkopimda OKU, jajaran Polres OKU dan Kodim 0403 OKU serta seluruh stake holders dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas Pemerintah Kabupaten OKU terkait dengan penanganan pandemi Covid-19 ini.

Kepala BINDA Sumatera Selatan Brigjen TNI. Armansyah, SH., Mengatakan semua tahapan pelaksanaan vaksinasi booster di Kabupaten OKU telah dilakukan launching hari ini, terutama dalam memastikan persyaratan penerima vaksinasi booster, yakni telah lengkap 2 dosis vaksin dan minimal telah lewat 6 bulan pasca vaksinasi dosis kedua.

Armansyah juga mengatakan capaian vaksinasi di Kabupaten OKU cukup tinggi dibanding daerah lainnya di Sumsel, hal ini tidak terlepas dari kerja sama antara satgas Covid-19 dan unsur-unsur terkait lainnya.

Baca Juga :   Bupati Kuryana Azis Sampaikan 6 Raperda Pada Rapat Paripurna DPRD OKU

Ia juga mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh tenaga kesehatan, prajurit TNI/Polri, para camat, dan seluruh aparatur Pemerintah serta komponen masyarakat yang terlibat secara langsung dan tidak langsung dilapangan dalam upaya percepatan vaksinasi.

Pagi yang berbahagia ini kita akan melakukan launching vaksin booster atau dosis III dan pembukaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dan lansia.

Armansyah juga meminta kepada pihak sekolah untuk dapat memberikan pencerahan kepada anak-anak disekolah akan pentingnya vaksin, sehingga tidak muncul keraguan dan ketakutan akan vaksinasi.

Yakinlah kegiatan vaksinasi ini sebagai ikhtiar pemerintah untuk menyelamatkan warganya dan ikhtiar diri kita sendiri untuk tetap selalu sehat.

Kepada seluruh tenaga kesehatan jamin Armansyah mengingatkan yang menjadi tim vaksinasi tetap semangat dan jaga kesehatan karena perjuangan kita masih panjang, semoga pengabdian saudara sekalian mendapatkan keberkahan dan ridho dari Allah SWT, pungkasnya (yudi).