UMKM & Petani di OKU Bisa Pinjam Modal Usaha di Perbankan Melalui Program TPKAD

oleh -78 views
Sekda OKU H. Achmad Tarmizi didampingi Asisten II Pemkab OKU

BATURAJA,Samudra.News-Sekda OKU H. Achmad Tarmizi Pimpin Rapat Membahas Program Kerja Unggulan TPKAD Kabupaten OKU Tahun 2022.  Bertempat Ruang Bina Praja Pemkab OKU. Selasa (11/01/2022).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri Asissten II Setda OKU Kadarisman, MSi, Kabag Perekonomian Setda OKU, Staf Ahli Bupati OKU, OPD Terkait, serta Pimpinan Per-Bankan Kabupaten OKU.

Kabag Ekonomi Setda OKU dalam laporannya menyampaikan rapat TPKAD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) ini membahas tentang program kerja yang telah disiapkan oleh setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU agar bisa segera dikerjakan bersama pihak mitra per-Bankan yang ada di OKU.

Program-program inilah nantinya yang bisa mendukung  perekonomian daerah Kabupaten OKU menjadi lebih baik dan juga memudahkan masyarakat pelaku UMKM dan para petani yang ada di Kabupaten OKU untuk meminjam modal mengembangkan usaha mereka agar tercipta masyarakat yang sejahtera.

Sekda OKU H. Achmad Tarmizi dalam arahannya menyampaikan, TPAKD mempunyai tujuan antara lain untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat melalui berbagai inovasi, program-program dan terobosan baru guna mendukung perekonomian daerah sekaligus membantu masyarakat UMKM atau pun petani yang membutuhkan modal untuk usaha mereka menjadi lebih mudah dengan adanya TPKAD OKU ini.

Selain itu juga, untuk mendorong adanya aliansi strategis dan peran serta Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan, menggali potensi ekonomi daerah, mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah, dan membiayai pembangunan sektor prioritas, serta mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

TPAKD juga berperan sebagai wadah forum komunikasi koordinasi antar stakeholder dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, yang sekaligus dapat meningkatkan peran serta industri jasa keuangan dengan memberdayakan sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sumber dana di Kabupaten OKU.

Baca Juga :   Popo Ali-Sholehien Kembalikan Berkas Cabup-Cawabup OKUS Ke PDIP

Semoga program kerja yang telah dibuat oleh OPD Pemerintah Kabupaten OKU yang bekerja sama dengan pihak per-bankan yang ada di OKU bisa membantu jalannya pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi.

Adapun beberapa OPD Pemerintah Kabupaten OKU yang telah melakukan program TPKAD ini yaitu, seperti Dinas Pendidikan OKU dan Dinas Pertanian dan Pangan OKU yang telah melakukan program TPKAD ini.

Diknas OKU diwakili Kabid PAUD Ahmad Ashar menyampaikan, program yang telah berlangsung yang di buat oleh Dinas Pendidikan Kabupaten OKU yaitu program satu siswa satu rekening tabungan (Kejar) untuk siswa/siswi mulai dari Paud sampai ke tingkat SMP yang ada di Kabupaten OKU.

Kemudian program ini telah dilaksanakan di dua Kecamatan yang ada Kabupaten OKU yaitu Kecamatan Baturaja timur dan Kecamatan Baturaja Barat, dan kemungkinan nantinya juga akan dilaksanakan segera di sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan lainnya yang ada di OKU, mengingat juga cabang-cabang perbankan kita yang ada di setiap kecamatan masih sedikit, jadi Dinas Pendidikan Kabupaten OKU memfokuskan dulu di dua Kecamatan, pungkasnya (yudi).