Tim Penilai ADWI 2023 Tinjau Paket Wisata Belanting River Tubing Ulu Ogan OKU

oleh -459 Dilihat
Foto bersama tim penilai ADWI 2023 di Desa Kelumpang

BATURAJA,Samudra.News-Tim Penilai Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023 Melaksanakan Visitasi di Desa Kelumpang, Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten OKU. Senin (10/7/2023).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Tim Penilai ADWI 2023 Provinsi Sumsel, Plt Kadisparbud OKU beserta Jajaran, Kades beserta perangkat Desa, BPD, Pokdarwis, PKK Desa Kelumpang, Bumdes Kelumpang, Karang Taruna, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta Undangan Lainnya.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka verifikasi lapangan karena Desa Wisata Kelumpang mewakili Kabupaten OKU dalam program Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023.

 

Kedatangan Tim Dewan Juri disambut oleh kelompok syarofal anam dan tarian khas Ulu Ogan, kemudian, bujang gadis Desa Kelumpang memberikan selendang sebagai tanda selamat datang.

Sambutan Kepala Desa Kelumpang Arhadihak, Menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Dewan Juri penilaian ADWI 2023 tingkat Provinsi Sumsel dan berharap untuk berusaha lebih baik bersama warga Desa Kelumpang.

Plt Kadin Dispar OKU bersama Tim penilai ADWI2023

Dijelaskannya, daya tarik wisata berbasis alam yang ada di Desa Kelumpang ini adalah cerminan dari kehidupan keseharian warga Desa sebagai petani dan peternak yang dikembangkan menjadi paket wisata andalan Belanting River Tubing.

“Belanting River Tubing ini merupakan salah satu produk wisata yang ada di Desa Wisata Kelumpang, Disini wisatawan akan berkeliling menyusuri sungai dan merasakan sensasi yang memacu adrenalin sambil menikmati pemandangan yang memberikan keindahan dan kesegaran mata untuk melihat pemandangan alam sekitar.

 

Disamping itu juga ada paket wisata lainnya seperti outbond dan air terjun serta permainan tradisional yang merupakan kearifan lokal masyarakat Desa Kelumpang.

Untuk ekonomi kreatif meliputi produk UMKM masyarakat lokal, antara lain kerajinan anyaman bambu, makanan dan minuman olahan seperti kopi ulu dan lemang yang menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa oleh wisatawan.

Baca Juga :   Bulog OKU Raya, SMM, UB Mart dan Hypermart Gelar Pasar Murah Ramadhan Di Taman Kota

Desa Wisata Kelumpang juga memanfaatkan tehnologi digital seperti sosial media sebagai salah satu sarana promosi Desa Wisata, terdapat dua sosial media yang aktif digunakan yaitu Instagram dan Youtube.

Sementara Plt Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Feri Iswan, AP, M.PA., Menyampaikan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan atas kunjungan Dewan Juri ADWI 2023 Provinsi Sumsel dalam rangka verifikasi lapangan di Desa Wisata Kelumpang.

Semoga ini menjadi momentum untuk meningkatkan semangat seluruh masyarakat Desa Kelumpang ini untuk terus membangun Desa Wisata sebagai salah satu usaha kita bersama dalam rangka mensejahterakan masyarakat, ujarnya.

Dikatakannya dengan nilai-nilai kearifan lokal diharapkan dapat menginspirasi kita semua untuk kemajuan pariwisata dan budaya di Kabupaten OKU. Storytelling-nya sangat menarik bagi wisatawan yang akan berkunjung, ini sangat luar biasa semangatnya.

Feri Iswan menegaskan, bahwa juara bisa menjadi fokus, tetapi lebih dari itu adalah pasca kunjungan ini ada kegiatan yang menarik dan yang terpenting adalah bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten OKU. Kami terus mendukung. Ini kolaborasi dari semua pihak. Ini menjadi sesuatu yang patut membanggakan untuk Kabupaten OKU.

Paket wisata andalan Belanting River Tubing, Ulu Ogan

Sambutan Ketua Dewan Juri Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023, Menjelaskan untuk diketahui Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023 merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata, Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Sumsel sebagai Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Tujuan program ini agar menjadi daya bangkit bagi ekonomi Desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi Desa-Desa Wisata di Sumsel kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan Desa Wisata baru selanjutnya di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi Desa.

Baca Juga :   Hujan Sebentar, Kota Prabumulih Tergenang Banjir

Semangat Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023 ini mengedepankan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal Untuk menggaungkan Sumsel lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tim Dewan Juri juga berkesempatan meninjau lokasi pembuatan produk-produk souvenir dan kerajinan Desa Wisata Kelumpang serta menikmati sensasi wisata air Belanting River Tubing (tim).