SEKDA OKU: OKU Dapat Bantuan Dana Untuk 2 Desa Persiapan & Piala Lomba Desa

oleh
Sekda OKU bersama OPD terkait lainnya

PALEMBANG,Samudra.News-Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, ST, SH, MT, MH, M.Si, M.Pd, Ph.D (HC) menghadiri  Launching Penyerahan Bantuan Keuangan Pemprov Sumsel Kepada Pemerintah Desa Persiapan dan Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2021. Bertempat di Griya Agung Palembang. Jum’at (8/10/2021).

Turut hadir, Para Bupati Se-Sumsel, Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, ST, SH, MT, MH, M.Si, M.Pd, Ph.D (HC), Kepala OPD Provinsi Sumsel, Kadin PMD Kabupaten Se-Sumsel, Para Kades Juara Lomba Desa serta Undangan Lainnya.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menggelontorkan dana sebanyak Rp. 7.000.000.000 (Tujuh Milyar), untuk 70 Desa dari 7 Kabupaten di Provinsi Sumsel, kucuran dana bantuan keuangan stimulan dari Pemerintah Provinsi Sumsel yang bersumber dari APBD untuk pemberdayaan masyarakat.

Bantuan keuangan yang diberikan kepada desa persiapan ini adalah merupakan komitmen dan bentuk kepedulian Pemprov Sumsel agar pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Mengatakan bantuan senilai total 7 Milyar ini diberikan untuk desa persiapan penerima bantuan keuangan Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2021 sebanyak 70 Desa dari 7 kabupaten di Provinsi Sumsel,

Sekda OKU H. Achmad Tarmizi dan Kadin PMD OKU

Dengan rincian antara lain Kabupaten OKU Timur sebanyak 20 Desa Persiapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir 16 Desa Persiapan, Kabupaten Ogan Komering Ulu 2 Desa Persiapan, Kabupaten Pali 26 Desa Persiapan, Kabupaten Musi Banyuasin 2 Desa Persiapan, Kabupaten Banyuasin 3 Desa Persiapan dan Kabupaten Muara Enim 1 Desa Persiapan.

Besaran dana yang diberikan kepada masing-masing Desa persiapan sebesar Rp. 100.000.000 yang diberikan untuk 70 desa persiapan berjumlah Rp. 7.000.000.000 dengan peruntukan kegiatan Tim Penggerak PKK, Kegiatan Kepemudaan dan Olahraga, kegiatan Posyandu, Pengadaan Kendaraan Operasional Roda 2, Operasional Kepala Desa dan Perangkat Desa, Pengadaan Sarana dan Prasaran Kantor Desa, Biaya Alat Tulis Kantor dan Pelaporan.

Baca Juga :   Jaringan Gas Rumah Tangga Lebih Hemat, Efisien dan Ramah Lingkungan.

Pemprov Sumsel mengambil inisiatif untuk meregistrasi desa-desa persiapan yang diakui pada tingkat Provinsi, sembari menunggu amandemen dan perubahan pasal yang mengatur desa persiapan teregister di Kementerian Dalam Negeri.

Herman Deru berharap bantuan yang diberikan ini dapat dipergunakan dengan transparan dan akuntabel untuk pembangunan dan pengembangan usaha produktif masyarakat desa (win).