Sekda OKU Dr. Ir. Drs. H. Achmad Tarmizi, MT, IPU, ASEAN Eng Raih Pengakuan ASEAN Engineer 2021

oleh

BANDARLAMPUNG, Samudra.News-Sekda Pemkab OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, MT, MSi, MH, MPd baru-baru ini menerima sertifikat dan medali ASEAN Engineer yang diberikan oleh The ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO).

Sertifikat ASEAN Engineer seharusnya diberikan langsung di Vietnam, namun karena sekarang ini masih pandemi Covid-19 maka sertifikat tersebut diserahkan di Universitas Lampung (Unila)bertepatan dengan Workshop Formulir Aplikasi Insiyur Profesional (FAIP) Program Studi Program Frofesi Insiyur Universitas Lampung semester genap TA 2021/2021, Bandar Lampung, Sabtu (29/5/2021).

Sekda OKU saat menerima sertifikat ASEAN Eng

Acara tersebut dihadari langsung Prof. Drs. Ir. Suharno, MSc, Ph.D, IPU, ASEAN Eng, Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung, Ketua Program Studi Profesi Insinyur, Dr. Eng. Ir. DIkpride Despa, ST, MT, IPM, ASEAN Eng, Ir. Wahyu Hendrastomo, ST, MM, IPU majelis penilai PII, para Dosen PSPPI dan Alumni serta Mahasiswa PSPPI.

Sekda OKU Achmad Tarmizi yang juga pernah menjabat Plh. Bupati OKU ini juga sebagai Ketua puluhan Organisasi di Bumi Sebimbing Sekundang. Sebelumnya ia juga menjabat Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Kabupaten OKU, kemudian ia menjadi Pengurus PII di Provinsi Sumatera Selatan. Dr. H. Achmad Tarmizi menjadi orang pertama di OKU  dan SUMSEL yang memperoleh Sertifikat sebagai ASEAN Engineer (ASEAN Eng).

Sertifikat dari Insinyur ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO)

Prestasi diperoleh Sekda OKU merupakan pengakuan sebagai Insinyur ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO) tahun 2021/2021 melalui Program ASEAN Engineering Register (AER) tahun 2020/2021.

Achmad Tarmizi menyampaikan, The ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO) sendiri beranggotakan Asosiasi Insinyur dari 10 negara anggota ASEAN. Pengakuan tersebut menjadi salah satu capaian penting sebagai insinyur professional, maka setelah gelar IPU atau IPM ditambahkan gelar ASEAN Eng.

Baca Juga :   JOHAN ANUAR, Dimusim Kemarau Tidak Boleh Membakar Lahan Apapun Alasannya

Organisasi ini bertujuan membangun niat baik dan saling pengertian antar anggota dan untuk membangun dan mengembangkan standar profesi insinyur serta memfasilitasi mobilitas para insinyur di negara-negara ASEAN.

Dr. H. Achmad Tarmizi bersama Istri tercinta

Pengakuan ini menjadi salah satu capaian penting sebagai insinyur profesional yang dapat menjadi pendorong bagi Pegawai, Dosen dan Mahasiswa lain untuk memperoleh capaian tingkat Nasional dan Internasional, sehingga eksistensi dan karyanya dapat diakui dan bermanfaat baik secara Nasional dan Internasional.

Sekda OKU melanjutkan, selain itu perolehan tersebut dapat memotivasi Pejabat, Pegawai Pemkab OKU maupun Mahasiswa untuk memperoleh eksistensi secara Nasional dan Internasional.

Menurut Achmad Tarmizi, ia bersama rekan-rekan yang lainnya masuk dalam daftar ASEAN Engineer dan sudah teregistrasi di AFEO yang beranggotakan 10 ribu orang. “Jumlahnya sekarang mencapai sepuluh ribuan lebih,” katanya.

Ia mengharapkan dengan diraihnya sertifikasi internasional ini akan bisa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia serta berpeluang meningkatkan mobilitas SDM di kawasan negara-negara Asia Tenggara. “Semoga bisa berkontribusi untuk negara khusunya Kabupaten OKU melalui SDM keinsinyuran ini,” pungkasnya (yudi).