Polisi Amankan Pemuda Yang Hendak Tawuran di Baturaja, Sajam dan HP Disita

oleh -1171 Dilihat
Beberapa pemuda yang diamankan pihak Polres OKU

BATURAJA,Samudra.News-Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, SIK, MH melalui Kasi Humas Polres OKU Iptu Ibnu Holdon, SH menyampaikan, pihak kepolisian mengamankan puluhan pemuda yang akan melaksanakan aksi tawuran diseputaran Jembatan Ogan Dua Baturaja sekira pukul 22.00 WIB. Sabtu malam (11/11/2023).

Menurutnya, begitu mendapat informasi dilapangan bahwa di jembatan Ogan 2 Baturaja ada sekelompok pemuda yang diduga akan melakukan aksi tawuran dengan membawa Sajam.

Tim dari Satsamapta Polres OKU yang sedang patroli dengan menggunakan  kendaraan  R4  dan R2 berhasil mengamankan pemuda/pelajar yang diduga akan melakukan tawuran berikut barang bukti sajam yang di bawa.

Mereka diamankan saat hendak menggelar tawuran. Berbagai senjata tajam (Sajam) yang dibawa oleh pemuda tersebut disita. Polisi juga menyita ponsel dan sepeda motor milik para pelajar.

“Para pemuda diduga akan melakukan aksi tawuran sudah diserahkan ke piket SPKT dan reskrim  polres utk di tindak lanjuti, ujar Kasi Humas Polres OKU yang baru saja dilantik ini.

Dilanjutkan Kasi Humas Iptu Ibnu Holdon, seluruh pelaku yang terlibat dalam insiden itu ternyata masih berusia di bawah 18 tahun. Pihaknya juga melakukan penangkapan terhadap para remaja yang teridentifikasi sebagai pelaku tawuran tersebut.

Pelaku dan barang bukti yang disita petugas

Setelah dilakukan penangkapan, para orang tua dari para pemuda yang terlibat diundang ke Polres OKU untuk menjemput anak-anak mereka.  Kemudian proses pembinaan akan diserahkan sepenuhnya kepada orang tua masing-masing.

Upaya ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi para pemuda/pelajar agar tidak terlibat dalam tindakan kekerasan dan konflik di masyarakat.

Ke depan pihak kepolisian akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan pihak sekolah untuk melaksanakan kegiatan Binluh Kamtibmas (Bimbingan dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dalam Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) kepada para siswa.

Baca Juga :   Mantan Calon Walikota Palembang MD Ditangkap dan Ditahan Polda Sumsel

Pihak Polres OKU akan mengintensifkan Patroli Beat Sabhara pada jam-jam tertentu dan tempat-tempat yang rawan terjadinya gesekan antar pemuda/pelajar. Kami juga terus menerus memantau dan mengantisipasi balap liar dan tawuran di wilayah hukum Polres OKU, pungkasnya (yudi).