POLDA Sumsel Luncurkan Empat Aplikasi Baru, Diantaranya Aplikasi Patroli Gabungan dan ODOL

oleh -222 Dilihat
Penandatanganan Nota Kesepahaman Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel dan Forkompimda Sumsel

PALEMBANG,Samudra.News-Penandatanganan Nota Kesepahaman oleh  Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol. Toni Harmanto dan Forkompimda Sumsel. Bertempat di Aula Utama Lantai 7 Gedung Presisi Mapolda Sumsel, Selasa (14/6/2022).

Hadir Kajati Sumsel Muhamad Naim, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, Kapoksahli Brigjen TNI Muchamad Bayu Hartomo, Kepala BNN Sumsel, Brigjen Pol Djoko Prihadi, Kakanwil BPN Sumsel, Kakuyn Andar, Kepala BPOM Palembang Zulkifli serta para OPD Sumsel.

Penandatanganan ini terkait penerapan empat aplikasi kamtibmas yang di buat Polda Sumsel yaitu aplikasi Patroli Gabungan, E-Pemetaan (Banghutbun), Website Rekam Medik Tahanan serta Over Dimension dan Over Loading (ODOL).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, melalui nota kesepahaman empat aplikasi ini Kapolda berharap membawa kebaikan secara keseluruhan terciptanya  suatu Kamtibmas yang lebih kondusif di wilayah Sumsel sehingga zero konflik.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto memaparkan dari aplikasi patroli gabungan bisa menjawab terjaganya situasi kamtibmas yang lebih baik sehigga peningkatan pertumbuhan ekonomi di Sumsel berlangusung lebih baik lagi, ujarnya.

Kemudian Rekam medik tahanan ini juga jika tahanan ada yang menghidap penyakit menular dapat terindetifikasi dengan cepat sehingga ada pemisahan dan konsentrasi fokus penanganan. Terkait juga peristiwa yang tak terduga di dalam tahanan dapat terindentivifikasi.

Selain itu untuk Penanganan isu-isu konflik agraria di wilayah Sumsel harus disikapi. Untuk itu Aplikasi E-Pemetaan akan memudahkan para stakeholder dalam memantau mengontrol, membina , mengawasi dan menjaga kawasan kehutanan.

Penandatanganan MoU oleh  Gubernur Sumatera Selatan  disaksikan Kapolda dan Forkompimda Sumsel

“Bahkan ini juga akan memudahkan para petugas kita dalam menangani masalah ini,” terang.

Berkaitan ODOL, Kapolda menilai ini menajadi permasalahan serius. Setelah melihat rill kondisi dilapangan bahwa ODOL ini menimbulkan kerusakan jalan yang luar biasa.

Baca Juga :   Pj. Bupati OKU Terima Penghargaan Mata Lokal Award Kategori Bupati Inovatif di Bidang Penerapan Teknologi Pertanian Terpadu.

“Aplikasi ODOL ini akan menyikapi permasalahan itu sendiri. Pelanggaran ODOL harus dilakukan dari hulu sampai hilir,” katanya.

Sedangkan  Gubernur Sumsel menilai  ke empat aplikasi yang dibuat Polda Sumsel  tersebut  akan memberikan dampak yang luar bisa dalam  upaya menciptkan rasa amanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah  Sumsel.

“Saya sangat apresiasi Polda Sumsel. Apa yang kita inginkan  selama ini  sudah  sampai  pada tingkat kesepakatan. Ada empat yang kita sepakati ini merupakan cara kita untuk memberikan kemaslahatan masyarakat,” katanya.

Dia mengingatkan, apapun bentuk kesepakatan yang telah diambil jika  tidak diimplementasikan    dilapangan  maka akan   sia-sia.

“Apa yang kita tandatangani ini akan menjadi kertas belaka,  jika implementasi dilapangan tidak di kendalikan dan kita pantau dengan baik,” katanya.

Herman Deru menyakini  dirinya telah melihat secara langsung  kondisi lalu lintas dalam kota Palembang melalui  Aplikasi e-Patroli Gabungan,  dan dia menilai  patut didukung dan dikembangkan terlebih masyarakat dapat ikut terlibat dalam memberikan laporan melalui aplikasi ini.

“Saya secara langsung melihat sebuah kejadian yang sangat menakjubkan. Dimana e-Patroli sangat canggih, pertama mengurangi niat yang tidak baik dari personal. Kemudian melalui aplikasi ini semua orang bisa sampaikan sesuatu,” katanya.

Selain itu dia juga menilai e-Pemetaan (Banghutbun) menurut Herman Deru  juga menjadi hal yang penting mengingat  persoalan tanah dan lahan menjadi hal  yang sangat klasik karena lemahnya data. Maka dengan adanya e- Pemetaan paling tidak mencegah dan bisa dengan mudah aparat hukum untuk memposisi dimana posisi objek sengketa.

Kemudian Gubernur terinovatif itu juga mengapresiasi karena adanya aplikasi rekam medis.

“Selama ini tahanan kita tidak tau latar belakangnya termasuk rekam medisnya juga tidak tau. Artinya dengan ada rekam medis ini dapat mencegah ataupun mengetahui jika tahanan tersebut ada penyakit menular ataupun lainnya,” kata Herman Deru.

Baca Juga :   GUBERNUR SUMSEL Tinjau & Berikan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Banjir

Terlebih lagi Aplikasi Odol ini yang begitu sangat diapresiasi Herman Deru karena ini merupakan prestasi besar  meningat selama ini  truk Over Dimension Over Loading (ODOL) kerap menjadi masalah dijalanan karena kelebihan beban akibatnya terjadi kecelakaan yang menekan korban jiwa (sp).