PN Baturaja Gelar Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) Ke Warga

oleh -142 Dilihat
Foto bersama sebelum malaksanakan sosialisasi

BATURAJA,Samudra.News-Ketua PN Baturaja Agus Safuan Amijaya, SH, MH didampingi Wakil Ketua PN Baturaja, dan seluruh Hakim, Pegawai serta tenaga honorer di PN Baturaja melakukan kegiatan sosialisasi pembangunan Zona Integritas (ZI) PN Baturaja kepada masyarakat. Bertempat diseputaran PN Baturaja-OKU, Jum’at (26/2/2021).

Dari pantauan media acara tersebut berlangsung di sepanjang Jalan HS. Simanjuntak Kota Baturaja. Hal tersebut digelar karena merupakan salah satu cara untuk menyapa dan mengenalkan Zona Integritas (ZI) PN Baturaja kepada masyarakat, kata Ketua PN Baturaja yang murah senyum ini.

Ditambahkannya, “Pencanangan pembangunan Zona Integritas itu sendiri, telah dilaksanakan oleh PN Baturaja pada tanggal 16 Januari 2018 lalu, namun pembangunan Zona Integritas PN Baturaja tetap dilakukan hingga saat ini”.

Dan saat ini PN Baturaja turun ke jalan untuk menyapa dan mensosialisasikan pembangunan Zona Integritas (ZI) kepada masyarakat secara langsung, jelas Ketua PN Baturaja.

Saat melaksanakan kegiatan tersebut, PN Baturaja tetap menyesuaikan dengan program Pemerintah untuk tetap mematuhi protokoler kesehatan dalam mencegah penyebaran virus Covid-19, maka dalam kesempatan tersebut PN Baturaja telah membagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat, sambil membagikan dan memasangkan stiker Zona Integritas pada kendaraan yang melintas di PN Baturaja, imbuhnya.

Ketua PN Baturaja terjun langsung sosialisasikan ZI

“Selain mensosialisasikan pembangunan Zona Integritas, PN Baturaja juga mengenalkan beberapa inovasi berbasis teknologi yang telah diciptakan oleh tim IT PN Baturaja guna memudahkan masyarakat untuk menggunakan layanan di PN Baturaja”, sambung Ketua PN Baturaja.

Inovasi yang telah diciptakan oleh PN Baturaja dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mengakses dan menggunakan layanan pengadilan tersebut antara lain SIMPEL (Sistem Informasi Perpanjangan Penahanan, Permohonan Persetujuan dan Izin Sita-Geledah) yaitu inovasi yang diciptakan untuk memudahkan dalam proses pengajuan perpanjangan Penahanan, persetujuan dan izin penyitaan dan penggeledahan secara online,

Baca Juga :   BPK RI Ganjar OKU Plakat Atas Penghargaan Opini WTP 5 Kali Berturut-Turut

Kemudian SIBETA (Surat Izin Besuk Tahanan) yang diciptakan untuk memudahkan pihak keluarga mengajukan surat izin besuk tahanan secara online, SANDRA (Smart Asisten Data Perkara) yaitu inovasi untuk membantu masyarakat mengetahui data perkara, jadwal sidang, biaya perkara dan layanan PN Baturaja,

Selanjutnya, PANTAU yaitu inovasi yang bertujuan untuk membantu masyarakat untuk memantau sisa biaya perkara di PN Baturaja, SUPEL (Survei Pengguna Layanan) yaitu inovasi untuk membantu pengguna layanan memberikan penilaian dan masukan terhadap pelayanan di PN Baturaja,

SUPERAKSI (Survei Persepsi Anti Korupsi) yaitu inovasi untuk memudahkan masyarakat memberikan penilaian dan masukan terhadap sikap dan tindakan pegawai dalam mencegah praktik korupsi di PN Baturaja.

Pegawai PN Baturaja aktif melakukan sosialisasikan ZI

Selain itu juga ada inovasi yang diciptakan oleh Mahkamah Agung RI yaitu E-Court yaitu inovasi untuk memudahkan Pemohon atau Penggugat untuk mendaftarkan perkara perdata dan melaksanakan persidangan secara elektronik di PN Baturaja,

Terakhir Eraterang yaitu inovasi untuk memudahkan masyarakat untuk membuat surat keterangan secara online, dimana inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh PN Baturaja tersebut dapat langsung diakses melalui website PN Baturaja dan nomor Whatsapp, katanya.

“Harapan kami, PN Baturaja mendapat dukungan dari masyarakat Kota Baturaja agar selalu memberikan pelayanan prima bagi pengguna layanan, serta selalu berkomitmen untuk tidak melakukan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme dalam memberikan pelayanan di PN Baturaja.

Diakhir pembicaraan, PN Baturaja telah memperoleh predikat WBK dan WBBM sebagai bentuk keberhasilan kami dalam melaksanakan dan mempertahankan integritas di PN Baturaja, ujar Ketua PN Baturaja.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat, karena terlihat banyak masyarakat sangat antusias untuk mengenal PN Baturaja dan inovasi yang telah diciptakan tersebut, pungkasnya (asa/yudi).