Plh. Bupati OKU Saksikan LatmaTerbesar Sepanjang Sejarah Kerjasama TNI-US Army

oleh
Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH 

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH dan Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST menghadiri Latihan Bersama Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021. Bertempat di Titik Tinjau Puslatpur Simpang Batumarta Kabupaten OKU, Kamis (12/08/2021).

Dalam acara Latihan Bersama Garuda Shield 15/2021 ini juga dihadiri Dankodiklatad Letjen TNI AM Putranto, SSos, Pejabat Mabes TNI, Para Pangdam, Dandim 0403/OKU Letkol Arh. Tan Kurniawan, Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo, SIK serta Undangan lainnya.

Latihan bersama Garuda Shield ini merupakan latihan tempur terbesar sepanjang sejarah kerjasama militer Indonesia dan Amerika Serikat diselenggarakan mulai tanggal 1-14 Agustus 2021.

Latihan bersama ini bertujuan memperkuat kemitraan pertahanan antara Indonesia dan  Amerika Serikat serta memberikan peluang pertukaran profesional dan budaya melalui pelatihan dan pembelajaran bersama.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur tingkat perorangan sampai dengan tingkat satuan Brigade serta meningkatkan kerjasama pertahanan antar kedua negara Indonesia-Amerika.

Sedangkan materi yang dilatihkan meliputi Staff Exercise, Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation and Medical Exercise (Medex), serta dua program latihan yang akan digabungkan, yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET) dan Garuda Airborne.

Foto bersama usai saksikan latihan bersama Garuda Shield 15/2021

Latihan Bersama Garuda Shield 15/2021 ini juga untuk meningkatkan kemampuan profesional Prajurit TNI AD sehingga menjadi SDM yang tangguh, hal ini selaras dengan tema HUT Kemerdekaan RI Ke-76 “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Latihan bersama Garuda Shield ini dibawah Komando Komandan Latihan (Danlat) Letjen TNI AM Putranto, SSos yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI-AD ini memiliki urgensi terwujudnya sinergitas dalam melaksanakan manuver tingkat Brigade dan memperoleh bahan evaluasi guna meningkatkan kemampuan operasi seluruh satuan.

Baca Juga :   Polda Sumsel: Deklarasi Damai dan Pernyataan Sikap Ormas se Sumatera Selatan

Tema Latihan Brigade Tim Pertempuran Melaksanakan Operasi Militer untuk Perang di Wilayah Sumbagsel dalam rangka Operasi Penindakan Kogasratgab.

Latihan bersama Garuda Shield ini dilaksanakan tanggal 1 s.d 14 Agustus 2021, puncaknya pada hari ini tanggal 12 Agustus 2021 dengan materi “Dinamika Operasi Serangan” yang melibatkan seluruh satuan prajurit, baik sebagai penyelenggara, pelaku dan pendukung (ril/yudi).