PJ Bupati OKU Hadiri Penilaian Lomba PKK-KB Kesehatan Tingkat Provinsi

oleh -158 Dilihat

OKU,Samudra.News-Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah dan Penjabat Ketua TP-PKK OKU Hj. Zwesti Karenia Teddy menghadiri acara penilaian Lomba PKK-KB Kesehatan Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2022. Bertempat Kantor Desa Batu Winanggun Kecamatan Lubuk Raja-OKU, Rabu (12/10/2022).

Turut hadir Penjabat Ketua TP-PKK OKU, Asisten I Setda OKU, Tim Penilai Provinsi Sumsel, Kadin Kesehatan dan Kepala OPD serta Kabag Terkait, Camat dan Muspika Lubuk Raja, Kades Batu Winanggun, BPD Batu Winangun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Undangan Lainnya.

Penjabat Ketua TP-PKK OKU Hj. Zwesti Karenia menyampaikan, penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

 

Dalam rangka percepatan perkembangan Posyandu  Aktif, maka diperlukan lembaga Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) sehingga memudahkan dalam koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi, dan bantuan yang berkaitan dengan fungsi dan kinerja Pos Pelayanan terpadu.

Keberlangsungan peran Pokjanal saat ini menjadi semakin srategis, terlebih untuk mendukung program penting Nasional yaitu percepatan penurunan stunting khususnya di OKU yang merupakan Locus Stunting di Provinsi Sumsel sebagaimana kita ketahui bersama untuk pemantuan tumbuh kembang dalam program stunting akan sangat banyak peran Posyandu dan Kader, untuk itulah Posyandu menjadi semakin penting untuk direvitalisasi.

Kabid PMD Provinsi Sumsel Rika Apriliana, ST, MSi menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemkab OKU khususnya Bupati OKU dan juga kepada Ketua TP-PKK OKU yang telah menyambut baik atas kehadiran kami yang bertujuan untuk melaksanaan penilaian lomba PKK-KB Kesehatan Provinsi Sumsel di Kabupaten OKU untuk mengevaluasi berbagai langkah inovatif,

Baik administrasi maupun implementasi pada kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh setiap Desa yang ada di OKU dalam rangka meningkatkan capaian pembangunan bidang kesehatan dan KB, serta membiasakan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat yang memberikan manfaat baik di semua masyarakat OKU melalui program yang dibuat oleh TP-PKK Kabupaten OKU.

Baca Juga :   Polres OKU Dinobatkan Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori A “Sangat Baik” dari Kemenpan-RB

Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyampaikan, bahwa arah kebijakan pembangunan Nasional Pemerintah adalah pengendalian penduduk keluarga berencana, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak diberikan mandat untuk dapat turut mensukseskan agenda prioritas (Nawacita),

Terutama pada agenda prioritas nomor 5 (lima) “Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia” melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana, serta melaksanakan strategi pembangunan Nasional atau dimensi pembangunan dibidang kesehatan dan mental/karakter.

Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplentasikan kegiatan-kegiatan prioritas program secara utuh di lapangan. Kampung KB merupakan salah satu bentuk/model miniatur pelaksanaan total program kegiatan  secara utuh yang melibatkan seluruh bidang untuk bersinergi dengan mitra kerja instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah.

Definisi Kampung KB adalah salah satu upaya penguatan program yang dikelola dan diselenggarakan ini untuk masyarakat yang ada di OKU, untuk memperoleh pelayanan total program KB, sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas,

Kampung KB adalah satuan wilayah dusun yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematis, Pemerintah juga membentuk pelayanan KB berbasis kampung disetiap Desa dan Kelurahan yang ada di Indonesia termasuk OKU serta memberikan informasi dan merubah pola fikir masyarakat tentang arti pentingnya KB dan kita harus mendorong inovasi dan mengelola kampung KB dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan pemberian tablet penambah darah kepada Siswi SMA Negeri 2 OKU dalam rangka mencegah Kabupaten OKU Stunting dan HIV sekaligus meninjau UP2K dan Pelayanan Kesehatan Desa Batu Winanggun Kecamatan Lubuk Raja oleh Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, (**).