PJ Bupati OKU dan Ketua DPRD OKU Hadiri Musrenbang Kabupaten, Senergikan Dengan Program Provinsi

oleh -211 Dilihat
Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah sambutan di Musrenbang Kabupaten

BATURAJA,Samudra.News-Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pengembangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Tahun 2024. Bertempat di Abdi Praja Pemkab OKU, Senin (13/3/2023).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri, Dandim 0403/OKU Letkol Inf Ferizal, Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, SIK, MH dan Unsur Forkopimda OKU Lainnya, PJ Sekda OKU Dharmawan Irianto, SSos, MM, Sekwan OKU, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kabag Prokopim, Kepala OPD, Camat, Pimpinan BUMN/BUMD, dan undangan peserta Musrenbang lainnya.

Kepala OPD dan undangan yang menghadiri Musrenbang Kabupaten

Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah mengatakan, pertemuan pada hari ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk bersama-sama melakukan sinkronisasi dan sinergisitas Rancangan RKPD Kabupaten OKU untuk Tahun 2024, ujarnya.

Oleh karena itu, sudah seharusnya Musrenbang ini menjadi ajang penjaringan aspirasi masyarakat yang diselaraskan dengan perencanaan dari perangkat daerah di Kabupaten OKU. Sebelum melaksanakan sidang Pleno I dalam rangkaian Musrenbang RKPD Kabupaten OKU tahun 2023 ini,

Penjabat Bupati menandatangani dokumen Musrenang Kabupaten

Teddy menekankan beberapa hal di antaranya yaitu, melaksanakan program dan kegiatan prioritas dengan mengacu pada agenda pembangunan daerah, Renstra perangkat daerah, sekaligus disinergikan dengan program Provinsi Sumatera Selatan dan nasional.

Selain itu, meintegrasikan hasil Musrenbang kecamatan tahun 2023 ke dalam program, kegiatan, dan sub kegiatan pada dokumen perencanaan perangkat daerah tahun 2024. Disamping itu juga, tingkatkan akuntabilitas pemerintah daerah melalui penajaman target dan lokasi sehingga menjadi jelas, terukur, dan dapat dicapai.

Musrenbang yang kita laksanakan pada hari ini merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. Pelibatan semua pihak dimaksudkan untuk menyerap aspirasi sesuai kebutuhan pembangunan serta untuk membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan.

Baca Juga :   Durian Unggul Semengot Sakti Akan Menjadi Andalan Kabupaten OKU
Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri menerima dokumen Musrenbang Kabupaten

Di sisi lain Musrenbang ini juga merupakan wahana strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan pelaku pembangunan, yaitu Pemerintah Daerah baik eksekutif maupun legislatif, masyarakat dan swasta/dunia usaha, sambungnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, saya memandang bahwa Musrenbang ini merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan, serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan, baik yang merupakan urusan wajib maupun urusan pilihan serta yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral dari pemerintah atasan,” katanya.

Pada kesempatan ini, PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah di dampingi ketua DPRD OKU dan PJ Sekda OKU memberikan penghargaan kepada lima OPD terinovatif di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU dan dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama Musrenbang RKPD tahun 2024 Kabupaten OKU.

Foto bersama Pj Bupati dan Ketua DPRD serta Kepala OPD terkait

Ditempat yang sama Kabid Pengendalian Evaluasi dan Perencanaan Daerah Dr. Pademi Alamsyah mewakili Kepala Bappelitbangda OKU menyampaikan tujuan di laksanakannya Musrenbang RKPD Kabupaten OKU tahun 2023 ini yaitu untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten OKU Tahun 2024 sebagai bahan penyempurnaan rancangan RKPD menjadi rancangan akhir RKPD Kabupaten OKU tahun 2024.

Untuk menyepakati sasaran dan prioritas pembangunan daerah Kabupaten OKU tahun 2024 meliputi program, kegiatan, dan sub kegiatan perangkat daerah yang diakomodir dan yang belum diakomodir dalam rancangan RKPD Kabupaten OKU tahun 2024. Semua itu akan menjadi masukan guna penyempurnaan rancangan akhir RKPD Kabupaten OKU tahun 2024.

Tujuannya yakni membahas Rancangan RKPD Kabupaten Tahun 2024 terkait kondisi umum, kerangka ekonomi, sasaran prioritas, arah kebijakan, rencana kerja dan kinerja Pemerintahan Daerah, pungkasnya. (yudi).