Petani Bandar Jaya, Panen Raya Jagung 7 Ton/Hektar

oleh
Kabid PSP Agus Suharyanto bersama Kelompok Tani

BATURAJA,Samudra-News-Panen Raya Jagung BC-18 di pusatkan di Desa Way Heling. Panen Raya mewujudkan program pemerintah dalam kedaulatan pangan nasional ini dihadiri Kadis Pertanian yang diwakili Kabid PSP Agus Suharyanto, SE, Kabid Pangan Septi, SP dan Kepala BPP Karang Endah beserta stafnya.

Kabid PSP Agus Suharyanto meminta kepada petani untuk berani dalam mengembangkan lahan pertanian. Sebab, Dinas Pertanian dan Bupati OKU yang saat ini dijabat Drs. H. Kuryana Azis sangat mendukung Petani dalam mengembangkan Pertanian, semoga berlanjut, ujarnya.

Jangan takut kaya, Petani harus berani, harus detail dan menghitung segalanya agar petani zaman sekarang lebih maju dan kaya. Apalagi Pemkab OKU bersama petani mewujudkan kedaulatan pangan nasional, kata Kabid PSP sembari memberi semangat kepada Kelompok Tani SEHATI di Desa Bandar Jaya Kecamatan Lengkiti beberapa waktu yang lalu.

Kelompok Tani SEHATI Desa Bandar Jaya beramai-ramai melaksanakan Panen Raya Jagung BC-18 seluas 65 Hektar yang dipusatkan di Desa Way Heling, Kecamatan Lengkiti. Penanaman Jagung BC-18 menghasilkan 7 Ton per hektarnya.

Untuk harga jualnya Rp3200 dari tingkat  petani. Panen Raya Jagung BC-18 tersebut merupakan Panen Raya yang kedua pada tahun 2020. Jenis Jagung yang ditanam di Desa Bandar Jaya merupakan varietas jagung hibrida, varietas BC-18. Penanamannya dimulai pada April 2020, sehingga saat dipanen hari ini usia tanamannya mencapai 107 hari.

Dalam satu hektar lahan, jumlah tanaman Jagung hibrida BC-18 ini mencapai 100.000 tanaman. Padahal jagung biasa, umumnya populasi normalnya hanya sekitar 62.500 tanaman/ hektar.

Kabupaten OKU tanah pertaniannya subur. Semoga pemangku kebijakan Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten OKU dapat mempertahankan dan meningkatkan potensi pertanian. Karena salah satu yang bisa menentukan ketahanan sebuah bangsa adalah ketersediaan makanan bagi masyarakatnya, pungkasnya (yudi).

Baca Juga :   Johan Anuar Ambil Formulir Calon Bupati OKU Di 7 Parpol, Kini Giliran PKB