PEMKAB OKU GELAR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

oleh -231 Dilihat
Bupati OKU Menjadi Inspektur Upacara

BATURAJA OKU-Pemkab OKU, menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila, di halaman kantor Bupati OKU, Senin (04/06). Upacara berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati OKU H Kuryana Azis. Upacara turut dihadiri Kasdim 0403/OKU Mayor Sukri, Kapolres AKBP Dra NK Widayana Sulandari, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Singgih Wahono, Ketua Pengadilan Agama, Sekda DR H Achmad Tarmizi, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Ketua TP PKK Ny Badiar Dewi Kuryana serta unsur Muspida lainnya. Sedangkan upacara diikuti PNS, TNI, Polri, Satpol PP, Pelajar dan lainnya.

Dalam amanatnya Bupati OKU H Kuryana Azis membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia yang mengatakan bahwa selama 73 tahun Pancasila telah bertahan dan tumbuh di tengah ideologi lainnya yang juga tumbuh, karena Pancasila merupakan awal dari terbentuknya negara oleh pendiri bangsa dari berbagai golongan sebagai pemersatu dari serangkaian perbedaan. Adalah tugas dan tanggung jawab kita semua untuk terus meneguhkan semangat Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan semangat Bhineka Tunggal Ika, tegas Presiden.

Pengibaran Bendera Oleh Paskibraka 2017

Presiden dalam amanatnya juga mengajak untuk mengibarkan bendera merah putih dengan semangat Pancasila dalam rangkaian Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia tahun ini. Penghargaan sebesar besarnya kepada pendiri negara atas warisan Pancasila sebagai dasar negara sehingga menjadi dasar penerus bangsa dalam hidup berbangsa dan bernegara. Mari bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam membawa Indonesia lebih maju bersatu berbagi dan berprestasi, Bupati menutup amanat dari Presiden.

Ditambahkan Bupati OKU, peringatan hari lahir Pancasila ini sengaja digelar sebagai bentuk dan upaya dari pemerintah merawat serta menjaga ideologi bangsa, yaitu Pancasila. Menurut Bupati, Pancasila sudah menjadi bagian hidup bagi seluruh warga negara Indonesia. Siapa pun orangnya, apa pun agamanya, sukunya, kelompoknya, rasnya sekalipun. Karena Pancasila menjadi kesepakatan bersama sejak kemerdekaan ini diselenggarakan, ujarnya.

Baca Juga :   Pelepasan Purna Tugas Kepala Dinas PU PR Pemkab OKU
Sekda OKU DR H Achmad Tarmizi

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita, ujarnya dalam membacakan Pidato Presiden.

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk Negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial terorisme dan perang saudara, dengan Pancasila dan Undang-Undang 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari masalah tersebut serta kita bisa hidup rukun dan bergotong royong. Semangat dan energi kebersamaan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi, lanjutnya.

Mari kita saling bersikap santun saling menghormati saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa, mari kita saling bahu membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila, kita Indonesia, Kita Pancasila, semua anda Pancasila, semua anda Indonesia, saya Indonesia, saya Pancasila, tutupnya. (yudi)