Pasca Tanah Longsor Yang Menutup Dua Desa di Ulu Ogan, Kini Jalan Bisa Dilalui R2 dan R4

oleh -224 Dilihat
Materiallongsor yang menutupi jalan di Gunung Tiga

ULU OGAN,Samudra.News-Setelah terjadi longsor yang menyebabkan terisolasinya beberapa desa di Kecamatan Ulu Ogan. Personel TNI-Polri dan BPBD dibantu peralatan dari PT Barus yang dipimpin oleh managernya Budiyanto langsung bergerak membersihkan tumpukan material yang ada dilokasi longsor tersebut.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, SIK, MH menyampaikan himbauan bagi masyarakat Kabupaten OKU agar  berhati-hati dan waspada terhadap bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu mengingat cuaca saat ini hujan dengan instensitas tinggi, ujarnya.

Kegiatan pembersihan tersebut berlangsung pada hari Sabtu  tanggal 11 Maret  2023 sekira pukul 08.00 WIB bertempat di Desa Gunung Tiga Kecamatan  Ulu Ogan. Tepatnya hari ke 1 dan ke 2 (dua) pembersihan tanah  yang menutupi akses jalan akibat dari bencana alam tanah longsor.

Jalan mulai dibersihkan oleh peralatan PT Barus

Dari pantauan media terlhat Camat Ulu Ogan Yan Kurniawan, Kapolsek Ulu Ogan Ipda Indra Gunawan, Danramil Pengandonan, BPBD Kecamatan Ulu Ogan, Manajer PT. Barus, Budiyanto, Humas PT. Giotermal Energi dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Pembersihan tanah longsor yang menutupi jalan yang menuju dua desa Gunung Tiga dan Kelumpang di Kecamatan Ulu Ogan menggunakan alat berat dan di bantu oleh masyatakat Ulu Ogan

Pada pukul 14.30 WIB tanah yang menutupi akses jalan telah selesai di bersihkan dan jalan menuju desa Gunung Tiga dan desa Kelumpang sudah bisa di lalui baik Roda 2 maupun Roda 4.

Jalan yang tertutup kini mulai bisa dilewati R2 dan R4

berdasarkan keterangan Kapolsek Ulu Ogan Ipda Indra Gunawan yang didampingi BPBD Kabupaten OKU, Unsur Tripika Kecamatan Ulu Ogan dan Masyarakat.

Mengakibatkan terjadinya bencana alam tanah longsor di Desa Gunung Tiga  Kecamatan Ulu Ogan tersebut disebabkan karena hujan lebat yang disertai angin kencang yang berlangsung dalam durasi yang lama.

Baca Juga :   Pemuda Harus Sanggup Membuka Pandangan Keluar Tembok Kekinian Dunia

Wilayah Kecamatan Ulu Ogan memang termasuk dalam wilayah waspada bencana tanah longsor terutama apabila musim hujan dan debit air Sungai Ogan meluap naik.

Apabila intensitas hujan yang tinggi terjadi terus menerus di perkirakan akan mengakibat tanah/perbukitan yang ada di Kecamatan Ulu Ogan akan terus bergerak dan dapat terjadi tanah longsor susulan, pungkasnya (yudi).