Panglima TNI Lantik Brigjen TNI Tri Budi Utomo Jadi Danpaspampres

oleh
Danpaspampres Brigjen TNI Tri Budi Utomo

JAKARTA,Samudra.News-Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sejumlah jabatan penting di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI). Upacara Sertijab dilaksanakan di Aula Gatot Soebroto Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (10/8/2021).

Salah satu yang dilantik adalah Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres) Brigjen TNI Tri Budi Utomo. Brigjen TNI Budi dilantik Panglima TNI menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) menggantikan Danpaspampres sebelumnya, Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto menyatakan, Upacara Sertijab berdasarkan Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang Mutasi dan Rotasi Jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI), kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto.

Brigjen Tri Budi Utomo resmi jadi Danpaspampres 

Untuk diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI tersebut, Danpaspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto ditunjuk oleh Panglima TNI menempati jabatan barunya sebagai Pangdam III/Siliwangi menggantikan Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto yang dipercaya menduduki posisi Irjenad.

Untuk diketahui pula, Brigjen TNI Tri Budi Utomo adalah Perwira Tinggi (Pati) TNI yang dibesarkan oleh Korps Baret Merah Kopassus. Brigjen TNI Tri Budi Utomo memiliki catatan karier militer yang cukup cemerlang.

Dia tercatat pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon 811/Aksus Sat-81 Kopassus. Selain itu, Jenderal TNI Angkatan Darat yang dilahirkan di Surakarta pada tahun 1971 itu juga pernah menjabat sebagai Dansatgultor pada tahun 2016-2017.

Tidak hanya itu, Brigjen TNI Tri Budi Utomo bukanlah orang baru yang menjaga nyawa Presiden RI Joko Widodo. Karena pada tahun 2018-2019 dia pernah menjabat sebagai Komandan Group A Paspampres, dan terakhir dia menjabat posisi Wadanpaspampres (red).

 

Baca Juga :   KAPOLRES OKU Cek Posko & Tinjau Kampung Tangkal Covid-19 di Sosoh Buay Rayap