OKU Timur Menjadi Contoh Agro Solution Bidang Pertanian

oleh -216 Dilihat
Bupati mendengarkan pengarahan dari tamunya

MARTAPURA,Samudra.News-Kabupaten OKU Timur akan menjadi Agro Solution Pertanin Program Kementrian Pertanian RI pertama di Provinsi Sumatera Selatan sebesar 245 hektar, dimana Saprodi akan di siapkan melalui Kredit Usaha Rakyat dari Bank SumselBabel hal ini terungkap dalam Audensi Kepala Dinas Pertanian, Tim Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian OKU Timur. Bertempat di Rumah Dinas Camat Belitang, Rabu (24/3/2021).

Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST atau yang biasa disapa Enos mengatakan, Agro Solution merupakan pertama di Sumatera Selatan dan ini merupakan tindak lanjut surat Pemerintah OKU Timur kepada Gubernur Sumatera Selatan.

Kedua Dinas Pertanian Provinsi meminta untuk data luas pertanian di Kabupaten OKU Timur, kemudian juga membahas kerangka Simpel area untuk melakukan pembinaan oleh PPL sebanyak 149 titik simpel.

Enos juga meminta untuk Kelompok Tani masuk dalam Simultan, tujuannya agar terpantau kelompok tani mana saja yang sudah masuk kedalam simultan tersebut. Disamping itu juga di harapkan Kabupaten OKU Timur mandiri dalam pengadaan benih untuk OKU Raya yakni Kabupaten OKU Timur, OKU Selatan dan OKU Induk lebih kurang saat ini di butuhkan Bibit sebanyak 6.000 Ton.

Bupati OKU Timur saat menerima Kepala Dinas

Saat ini untuk OKU Timur saja di butuhkan 4150 Ton, sisanya dibutuhkan oleh Kabupaten OKU dan OKU Selatan, di harapkan adanya Peran Provinsi untuk permasalan pergudangan dan masalah yang lain lainnya, ujarnya.

Bupati juga mengharapkan Pemerintah Pusat dapat membantu alat operasional untuk Pertanian dan pemerintah diharapkan juga menyiapkan benih yang akan di bagikan ke masyarakat.

Ke depan akan Panen Raya, yang insya Allah dihadiri oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. H. Syahril Yasin Linpo, SH. Dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan agar dapat menyerap hasil panen untuk masyarakat OKU Timur, katanya.

Baca Juga :   Hj. Febrita Lustia Herman Deru Mengukuhkan Hj. Badiar Dewi Kuryana Azis sebagai Ketua TP-PKK OKU

Bupati OKU Timur mengucapkan alhamdulillah, bahwa terkait surat kepada Gubernur Sumsel mendapat respon positif dari Gubernur Sumatera Selatan dan juga pihak Kemeterian Pertanian Republik Indonesia (red).