Musrenbang OKU Timur, Prioritaskan 371 Usulan

oleh -28 views
Bupati OKU Timur foto bersama dengan Forkopimda

MARTAPURA,Samudra.News-Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST didampingi Ketua TP-PKK dr Sheila Noberta Buka Giat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten tahun 2022. Bertempat di Bina Praja 1 Pemkab OKU Timur, Selasa (29/03/2022).

Musrenbang tahun ini yang mengusung Tema,  “RKPD OKU Timur tahun 2023 adalah pemantapan kontribusi sektor unggulan daerah yang ditopang oleh infrastruktur ekonomi dan sumber daya manusia yang berkualitas menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia”.

Musrenbang yang dicanangkan melalui  Bapedda Litbang Kabupaten dan Provinsi dihadiri kepala Bappeda Litbang Provinsi seluruh Kepala OPD dan Para Camat serta unsur Forkompinda.

Kepala Bappeda dan Litbang Marius Markus Firdaus, S.STP menyampaikan musrenbang tahun ini untuk menyerap usulan program pembangunan dari tingkat Desa maupun Kabupaten yang akan diakomodir dalam perencanaan pembangunan tahun 2023.

Dengan total keseluruhan usulan masyarakat desa kelurahan, ditambah usulan pokok-pokok pikiran DPRD  terverifikasi keseluruhan sebanyak 371 usulan dengan total kebutuhan anggaran sebesar Rp 92. 368 222.800. ujarnya.

Selanjutnya, disampaikannya lagi melalui proses pembangunan diharapkan, ada  pertumbuhan ekonomi berbasis sektor unggulan daerah peningkatan infrastruktur berkelanjutan.

Dan percepatan penurunan kemiskinan dan peningkatan kualitas SDM reformasi birokrasi stabilitas politik keamanan dan penanganan pandemi Covid-19, ungkap Marius.

Ditambahkan Kabid Perencanaan Bapedda Hari Wibawa menyampaikan, bahwa ada  indikator yang terdampak Covid-19, ekonomi dan tingkat kemiskinan tersebut target Sumsel yang merupakan akumulasi capaian dari 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan.

Diharapkan Pemkab OKU Timur,  dapat ikut melakukan pengawalan didalam dokumen perencanaan daerah,   diantaranya target pertumbuhan ekonomi tahun 2023  Untuk OKU Timur sebesar 5,6 persen, target penurunan kemiskinan ditargetkan sebesar 10.27 persen, tingkat peluang terbuka 30.8,  IPM 74.31,   PDRB 0.26 Persen.

Baca Juga :   Sircuit Motocross Standar Nasional Segera Dibangun di OKU Timur

OKU Timur tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua dari 17 Kabupaten/Kota tingkat Provinsi Sumatera Selatan sebesar 4.66 persen dan inflasi OKU Timur di sumsel mencapai 1.82 persen,Katanya  saat sambutan.

Selanjutnya, Bupati H. Lanosin, ST dalam arahannya mengatakan, bahwa evaluasi rancangan Perda tentang BPD dan RPJM serta tata cara perubahan RPJMD dan RKPD.

Agar momentum MUSREMBANG suatu tempat bagaimana kita merangkum agar pembangunan ini sesuai dengan selera rakyat dan berakhlak mulia.

Saya ingin ada konsep mengikuti aliran arus sungai yang tidak keluar dari jalurnya, kemajuan suatu tanpa adanya sinkronisasi seluruh forkompinda tidak akan ada artinya. Setelah ekonomi naik pasti akan berefek dengan tingkat kriminalitas, katanya.

Ditambahkannya, pemerintah daerah akan mendorong dan men-support dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Mudah-mudahan dengan aktifnya kita dalam memperkuat monitoring dan mengevaluasi semua program yang sudah berjalan lebih baik kedepan, katanya.

Disela kegiatan , atas capaian kinerja Bupati OKU Timur memberi penghargaan ke tingkat Kecamatan, yakni terbaik I Kecamatan Belitang II, dan Terbaik ke-2 Kecamatan Buay Madang dan terbaik ke-3 Kecamatan Belitang (ril).