Mulai Hari Ini 285 Petugas Sensus OKU Kunjungi Warga

oleh -169 Dilihat
Kepala BPS bersama petugas Sensus Penduduk 2020

BATURAJA,Samudra.News-Mulai hari ini,  Selasa (1/9/2020) sebanyak 285 Petugas Sensus  dan 25 Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKU-Sumsel melakukan pendataan ke rumah warga.

Para petugas ini akan melakukan pemeriksaan daftar penduduk dan verifikasi lapangan melalui wawancara tatap muka dengan penduduk dari rumah ke rumah (door to door).

Demikian disampaikan Kepala BPS Kabupaten OKU,  Ir Budiriyanto,  MAP usai melaksanakan supervisi pelaksanaan lapangan Sensus Penduduk September 2020, Selasa (1/9/2020) di Kelurahan Baturaja Lama dan Kemelak Kecamatan Baturaja Timur didampingi Koordinator Sensus Kecamatan Baturaja Timur.

Menurut Budiriyanto, para petugas sensus ini dilengkapi dengan surat edaran Bupati, surat tugas dari Kepala BPS Kabupaten OKU, tanda pengenal,  rompi khusus serta dibekali dengan alat pelindung diri (APD) standar seperti masker, face shield, dan hand sanitizer.

Selain itu, berkerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten OKU para petugas sensus juga sudah mengikuti Rapid Test dan dinyatakan Non Reaktif.

Pelaksanaan pekerjaan lapangan akan dilaksanakan selama 15 hari sejak tanggal 1 September 2020, dan Petugas Sensus menyampaikan pekerjaan pada tanggal 16 September 2020 atau paling lambat tanggal 25 September 2020.

Sesuai dengan prosedurnya para petugas ini berkoordinasi dengan Ketua RT (Satuan Lingkungan Setempat-SLS terkecil di Kabupaten adalah RT) dan meminta Ketua RT menunjuk penggantinya jika Ketua RT berhalangan membantu kegiatan Sensus Penduduk September 2020.

Kemudian bersama-sama memeriksa Daftar Penduduk, baik Daftar Penduduk RT, Daftar Penduduk Desa dan Daftar Penduduk yang perlu dikonfirmasi atas isian SP Online. Daftar Penduduk adalah Tabulasi Data Penduduk yang bersumber dari data penduduk yang terdaftar di Server Dirjen Dukcapil dengan informasi yang telah diperbaiki berdasarkan SP Online.

Baca Juga :   Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2019 dan Sosialisasi Peraturan KPU

Dijelaskan oleh Budiriyanto,  tujuan SP2020 adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik Penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia. Ada 4 (empat) macam data yang dapat diperoleh pada kegiatan Sensus Penduduk, yaitu:

  1. Data jumlah penduduk yang dapat menggambarkan seberapa besar penduduk Indonesia, yang dapat dilihat hingga wilayah terkecil dari provinsi, kabupaten/kota, desa/kelurahan, RW/Dusun/Lingkungan dan RT;
  2. Komposisi penduduk berdasarkan kriteria tertentu seperti struktur umur dan jenis kelamin, yang biasanya dapat digambarkan dalam bentuk piramida penduduk, atau dapat juga dibedakan antara perdesaan dan perkotaan;
  3. Distribusi penduduk dapat melihat kepadatan penduduk di suatu wilayah yang dihitung dari jumlah penduduk yang dibandingkan dengan luas wilayah; dan
  4. Karakteristik penduduk yang setidaknya dapat dihasilkan adalah rasio Jenis kelamin yang merupakan perbandingan antara jumlah penduduk laki-laki dengan perempuan di suatu wilayah; rasio ketergantungan yang merupakan perbandingan antara penduduk umur 0-14 tahun ditambah dengan umur 65 tahun keatas dan dibandingkan dengan penduduk usia 15-64 tahun; dan laju pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari perbandingan hasil sensus penduduk sebelumnya.

Sesuai himbauan Bupati OKU melalui surat edarannya berupa dukungan pelaksanaan Sensus Penduduk September 2020 di Kabupaten OKU yang  ditujukan kepada seluruh OPD,  Camat, Kades/Lurah, Kadus/RW/RT dan seluruh masyarakat Kabupaten OKU.

Diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat terlibat mensukseskan Sensus Penduduk 2020 serta menerima petugas sensus yang berkunjung ke rumah rumah dengan memberikan jawaban yang jujur dan benar, pungkasnya (bps/yudi).