MUARA ENIM Disiapkan Jadi Pioner Pengembangan Perikanan Air Tawar di Sumsel

oleh -249 Dilihat
Menteri Kelautan dan perikanan RI bersama Plt. Bupati

MUARA ENIM,Samudra.News-Kementerian Kelautan dan Perikanan siapkan Kabupaten Muara Enim sebagai pionir pengembangan Perikanan Air Tawar terdepan di Sumatera Selatan. Demi meningkatkan potensi budidaya perikanan daerah, Senin (27/07/2020).

Pemkab Muara Enim melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI) di Jakarta. Tim yang dipimpin Plt. Bupati H. Juarsah, SH  didampingi Asisten Bidang Perekononian dan Pembangunan, Amrullah Jamaluddin, SE, ini diterima langsung oleh Menteri KKP-RI, Dr. Edhy Prabowo, SE, MM, MBA di Gedung Mina Bahari IV Lantai 16, Kantor Pusat KKP-RI, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang pembangunan perikanan yang berkelanjutan di Kabupaten Muara Enim dan rencana menjadikan Bumi Serasan Sekundang sebagai pionir pengembangan perikanan air tawar di Sumatera Selatan.

Menteri asal Tanjung Enim bersama Plt Bupati Muara Enim

Dalam arahannya, Menteri kelahiran Tanjung Enim ini sangat mendukung pengembangan potensi perikanan di Kabupaten Muara Enim, terutama jika dipadukan dengan pengembangan konsep pariwisata kerakyatan yang sedang digalakkan Kabupaten Muara Enim.

Dirinya mengaku paham betul dengan potensi yang ada di tanah kelahirannya tersebut, terutama di Kecamatan Panang Enim dengan Air Terjun Curup Tenang dan Kecamatan Muara Belida dengan Sungai Musinya yang menurutnya sangat cocok dikembangkan sebagai Kampung Perikanan, khususnya budidaya perikanan air tawar, ujarnya.

Ditambahkan, Alumni SMA Negeri 1 Muara Enim ini bertekad akan mendukung program-program pembangunan di Kabupaten Muara Enim terutama dibidang perikanan. Menurutnya meskipun Muara Enim tidak memiliki wilayah Laut, namun di sektor perikanan air tawar, Kabupaten Muara Enim dinilai sangat unggul dan berpotensi.

Paling tidak produksi perikanan air tawar Kabupaten Muara Enim saat ini sudah di atas 10 ribu ton pertahun sehingga pantas dijadikan sebagai pionir budidaya perikanan air tawar terdepan di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga :   Polda Sumsel Bersama TNI Temukan Ribuan Sumur Minyak Ilegal di Muba
Plt Bupati Muara Enim dan Kepala OPD dengan Menteri

Sementara itu Plt. Bupati Muara Enim mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Menteri KKP-RI. Dirinya menyampaikan bahwa peningkatan budidaya perikanan merupakan bagian dari program kerjanya demi mencapai visi Kabupaten Muara Enim “Merakyat” untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.

Untuk itu Pemkab Muara Enim telah mengonsep Balai Benih Ikan Talang Pangeran di Desa Begedung, Kecamatan Panang Enim sebagai pusat eduwisata sekaligus sentra produksi induk Ikan Mas dan Ikan Nila di Kabupaten Muara Enim.

Kemudian Kecamatan Muara Belida sebagai pusat penelitian, pembudidayaan, pengolahan dan pemasaran perikanan air tawar. Dengan demikian, Kabupaten Muara Enim tidak hanya dikenal unggul sebagai lumbung energi dan pangan saja, namun juga pionir dan terdepan dalam swasembada produksi perikanan.

.Kepala Dinas Perikanan Pemkab. Muara Enim, Ir. H. Teguh Sumitro, SE, MM mengharapkan agar KKP-RI dapat membantu pemenuhan kebutuhan penyuluh perikanan, baik ASN maupun penyuluh perikanan bantu (PBB) yang dirasa masih sedikit di Kabupaten Muara Enim. Diharapkan pula, KKP-RI dapat membantu pengadaan bibit ikan bagi nelayan di Kampung Perikanan Kecamatan Muara Belida, pungkasnya (humas/herdi).