Mantan Kapolda Sumsel Firli Bahuri Jabat Kabarhakam, Sebelum Jabat Ketua KPK

oleh -171 Dilihat
Kapolri tandatangani sk sertijab Kabaharkam

JAKARTA-Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Drs. Firli Bahuri, MSi yang beberapa waktu lalu terpilih menjadi Ketua KPK dipromosi menjabat Kabaharkam menggantikan Komjen Pol Condro Kirono. Sedangkan Condro Kirono dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Dengan promosi ini, Firli Bahuri akan naik pangkat menjadi Jenderal Bintang Tiga yakni Komisaris Jenderal Polisi. Firli dipastikan memangku jabatan ini hanya sekitar satu bulan. Sebab, alumnus Akademi Kepolisian 1990 itu telah resmi terpilih sebagai Ketua KPK periode 2019-2023, dan akan dilantik Presiden Joko Widodo pada Desember mendatang.

Sertijab dilakukan Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, MSi di Gedung Utama Bareskrim Mabes Polri, Selasa (19/11/2019) pagi. Seusai sertijab Kapolri tidak memberikan pernyataan apapun, dan langsung bergegas meninggalkan tempat acara.

Firli Bahuri jabat Kabaharkam Polri

Pati lain yang mendapat promosi yakni Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Istiono yang diangkat menjadi Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri. Istiono menggantikan Irjen Pol Refdi Andri yang dimutasi sebagai Koordiantor Staf Ahli (Korsahli) Kapolri.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol. M Iqbal mengatakan, pergantian posisi jabatan Pati Polri adalah hal biasa, bagian dari refreshing atau penyegaran dalam meningkatkan kinerja di lapangan.

Ditempat yang sama Irjen Pol. Firli Bahuri mengatakan, dalam tugas barunya sebagai Kabaharhakam tetap maksimal sambil menunggu pelantikan Ketua KPK. Firli tidak banyak menjawab pertanyaan wartawan, hanya mohon doa untuk tetap maksimal menjalankan tugas sesuai prosedur yang diamanatkan.

Di antara tugas Baharkam adalah meningkatkan sinergi pengamanan dan keamanan menyangkut Kamtibmas pada seluruh wilayah Indonesia. Pihaknya akan terus meningkatkan inovasi termasuk kinerja preventif dan pre-emtif terutama dalam menjaga keamanan perayaan Natal, Tahun Baru, dan Pilkada 2020, pungkasnya (int).

 

Baca Juga :   Pemdes KARET JAYA Buay Pemaca OKUS Bagikan BLT Sebanyak 54 KPM BLT-DD Tahap III