Lulus Cum Laude di UT, Achmad Tarmizi Sambutan Mewakili Wisudawan se Indonesia

oleh
Achmad Tarmizi Sambutan Alumni UT se Indonesia

PALEMBANG,Samudra.News-Universitas Terbuka (UT) melaksanakan wisuda dalam jaringan (daring)  Wisuda periode I tahun akademik 2020/2021 ini diikuti mahasiswa dari seluruh Indonesia dan tersebar di 5 Benua, Rabu (24/11/2020).

Wisuda UT kali ini berbeda. Wabah Covid-19 telah mengubah tatanan hidup  termasuk pelaksanaan wisuda. Para wisudawan-wisudawati mengikuti kegiatan ini melalui aplikasi zoom. Selain itu, perwakilan lulusan terbaik mengikuti acara wisuda yang tersebar di 40 kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT se-Indonesia.

Salah satu UPBJJ UT yang mengikuti wisuda daring yang dipimpin oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Phd di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tanggerang ini adalah UPBJJ UT Palembang.

 

Di UPBJJ UT Palembang sendiri ada 2.467 Wisudawan yang telah mengikuti yudisium, akan tetapi hanya wisudawan terpilih yang mengikuti upacara wisuda kali ini. Hal ini dilakukan karena dalam wisuda daring ini, peserta dan panitia di UT Pusat hingga UT di daerah wajib menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, faceshield, cek suhu dan menjaga jarak.

Achmad Tarmizi bersama dengan Rektor UT Palembang

Wisuda virtual ini tentu saja dilaksanakan dan diorganisasikan oleh kantor pusat UT yang berada di Tanggerang dan diikuti oleh 40 UPBJJ-UT diseluruh Indonesia diikuti ribuan wisudawan, 2.467 orang diantaranya ada di Palembang, kata wisudawan yang ditunjuk menyampaikan kata sambutan mewakili wisudawan UT se Indonesia ini,

Yang mengikuti wisuda di ruang Video Conference kantor UPBJJ-UT Palembang sendiri  hanya 6 orang wisudawan antara lain Achmad Tarmizi dengan IPK 3,63 Cum Laude (Dengan Pujian).

Achmad Tarmizi tidak sendiri diwisuda di UT Palembang, wisuda kali ini Tarmizi bersamaan dengan putra keduanya yang saat ini berprofesi sebagai dokter (dr) Residen Spesialis Bedah, dr. Mohammad Riedho Cahya Atazsu, SH yang menikah beberapa bulan yang lalu.

Baca Juga :   PN Baturaja Gelar Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) ke Warga
Foto bersama para wisudawan terbaik UT

Ada pribahasa “Tak kenal maka tak sayang”, ada sosok unik dan menarik pada wisuda periode I UT Palembang tahun Akademik 2020/2021. Dialah Sekda OKU, Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, MT, MSi, MH.

Dia adalah sosok birokrat sukses yang hobinya kuliah motto hidupnya “Belajar Tiada Akhir”. Tidak tanggung-tanggung ini merupakan wisuda ke-8 baginya dan yang kedua di Universitas Terbuka

ia mengambil Jurusan S1 Hukum. Ini merupakan wisuda kedua di UT setelah tahun 2004 dengan mengambil jurusan Ekonomi.

Tarmizi mengaku telah menyelesaikan pendidikan berbagai strata yakni 4 Gelar S1 (Sarjana), 3 Gelar S2 (Magister) dan 1 Gelar S3 (Doktor), ungkap Sekda OKU yang murah senyum ini.

pendidikan S1 selain di UT, dia juga lulus S1 di Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila). Kemudian S2 pernah ia jalani di Univeritas Gadjah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) dan satu lagi di Universitas di Jakarta. Sementara gelar Doktor S3 ia ambil di Universitas Sriwijaya (Unsri Palembang), ujarnya.

Achmad Tarmizi bersama putra keduanya yg lulus UT

Birokrat ini mengaku semakin banyak kita belajar maka semakin kita merasakan kekurangan dalam diri kita sendiri sehingga tertarik untuk terus belajar. Belajar jika ditekuni akan menemukan cara belajar yang baik sehingga bakal mendapatkan hasil yang baik, jelasnya.

Begitu juga ketika tertarik kuliah di UT, kualitas UT setelah ia tekuni memang luar biasa. Menurutnya, di sini dituntut kemandirian dalam belajar harus serius, dan tidak bisa setengah-setengah.

Manajemen sendiri, belajar sendiri dan membaca modul semaksimal mungkin. Kalau tidak ada kemandirian tidak akan selesai. Pihaknya menyarankan calon mahasiswa tidak usah ragu bergabung dengan Universitas Terbuka (UT) karena kualitas sudah terbukti.

Baca Juga :   MARJITO Ditunggu GERINDRA Sebagai Calon Bupati OKU

Dari hasil Tes ASN saya tahu persis paling banyak Alumni UT, ini artinya kualitasnya tidak kalah bersaing dengan yang perguruan tinggi lainnya, ujar Sekda Kabupaten OKU ini.  (yudi/fathur).