Ketua KPI OKU Mengajak Warga Untuk Menanam Pohon di Peringatan HMPI

oleh
Secara simbolis menanam pohon di Pinggir Ogan

BATURAJA,Samudra.News-Dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Komintas Pohon Indonesia (KPI) OKU beserta Karang Taruna Kelurahan Kemalaraja, dalam hal ini diwakili oleh Ketua RT 01, FKPPI OKU, IAKMI, KAMMI, FKBPD, POKDARWIS PUSAR, Mahasiswa Fakultas Pertanian Unbara, melaksanakan penanaman pohon di Tepian Sungai Ogan Lingkungan RT 01 Kemalaraja, Sabtu (28/11/2020).

Ketua KPI OKU, Meilan Tomy berharap masyarakat di Bumi Sebimbing Sekundang agar kiranya gemar menanam pohon, agar kelestarian Udara, Air dan Tanah terjaga untuk alam dan generasi mendatang. Acara tersebut mengusung tema “Kita Mulai Dari Diri Kita Sendiri, Menanam Pohon Untuk Alam dan Generasi Berkutnya”.

Sambutan di hari menanam pohon di Kabupaten OKU

Tampak hadir Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Febrianto Kuncuro, SKM, Ketua FKPPI OKU Yoen Hasrul, SH, Ketua KAMMI OKU Raya Ahmad Mubasyir, SP, Ketua RT 01 Kemalaraja, Junaidi Arif dan peserta lainnya.

Ketua KPI OKU Meilan Tomy menyanpaikan, bahwa saat ini menjadi isu menarik di dunia adalah perubahan iklim dan pemanasan global. Menurutnya, dampak yang dirasakan paling jelas adalah perubahan iklim yang sangat extrem.

Mengingat dampak yang begitu luas, maka perlu adanya komitmen semua pihak bukan saja Komunitas Pohon Indonesia (KPI) saja, akan tetapi dalam mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim tersebut, ujarnya.

Upaya yang bisa dilakukan adalah penanaman dan perawatan pohon di seluruh wilayah Kabupaten OKU, di mana pohon-pohon besar dapat berfungsi menyaring udara di Bumi, kemudian daun-daun dan batang juga menyerap gas, dan berbagai komponen di udara seperti Nitrogen, Karbondioksida dan Ozon, lalu mengeluarkan Oksigen yang kita gunakan untuk bernafas dengan baik dan sehat, jelasnya.

Ketua IAKMI OKU Febrianto Kuncoro, SKM

Pada kesempatan yang sama Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) OKU Febrianto Kuncoro, SKM mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon ini. Semoga kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Kelurahan Kemalaraja saja akan tetapi menyebar ke wilayah lainnya di Kabupaten OKU, harapnya.

Baca Juga :   PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Diganjar Penghargaan Zero Accident dari Menteri Ketenagakerjaan RI

Untuk diketahui, dunia saat ini sudah ada pemanasan yang di tandai dengan mencair es di Kutub Utara, sehingga tidak bisa memberi keseimbangan Bumi dan Iklim di dunia tidak menentu.

Contoh di Indonesia, musim hujan tidak menentu. Kemudian angin tidak bisa diperkirakan dan angin sangat kencang di mana-mana dan ini terjadi di seluruh dunia, angin ada yang bisa memporak porandakan rumah-rumah penduduk, kata Ketua IAKMI yang sehari-harinya menjabat Sekdin DLH Kabupaten OKU ini.

Foto bersama usai penanaman pohon di pinggir Ogan

Kemudian Ketua FKPPI OKU  Yoen Hasrul, SH juga berpesan agar tanaman ini dirawat dan dijaga. Agar dapat tumbuh subur menghijaukan tepian Sungai Ogan di Lingkungan Kota Baturaja-OKU.

Mari kita di OKU ini beramai-ramai lestarikan lingkungan dengan menanam pohon. Dan saya yakin warga OKU makin sadar terhadap lingkungan termasuk sampah. Saya minta tolong kalau membuang sampah jangan sembarangan termasuk sampah-sampah plastik, karena sampah palstik tidak bisa menyatu dalam kurun waktu bertahun-tahun.

Selanjutnya Ketua KAMMI OKU Raya, Ahmad Mubasyir, SP mengharapakan, semoga apa yang kita laksanakn ini bermanfaat untuk alam dan generasi nanti.Sebagai generasi muda, ia juga mengajak seluruh warga masyarakat di Kabupaten OKU untuk bersama-sama menjaga ekosistem dan lingkungan demi kesehatan bersama, dengan menanam pohon, pungkasnya (yudi).