Keterampilan Digital di Era Pandemi, Kita Harus Bijak Menggunakan Media Sosial

oleh
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc sebagai Keynote Speaker

LAHAT,Samudra.News-Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Adapun yang diangkat empat (4) kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL. Berlangsung di Lahat pada hari Sabtu (28/8/2021).

Sebagai Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yaitu, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KETERAMPILAN DIGITAL DI ERA PANDEMI oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang saat ini banyak sekali aplikasi di media sosial yang bisa digunakan di era pandemi covid ini sebagai ajang untuk promosi bisnis dan juga personal branding, seperti tiktok, Instagram, facebook, dan media sosial lainnya yang bisa kita gunakan, namun gunakan lah dengan bijak.

Terdapat manfaat lainnya dari keterampilan digital yaitu mengikuti Perkembangan kemajuan zaman dan teknologi, Memiliki kemampuan atau skill sehinga memiliki nilai daya saing, Cepat berinovasi, Menjadi sumber pendapatan atau perkerjaan, Rekreatif, Membina relasi, Memiliki wawasan kebangsaan untuk memajukan bangsa, Modal utama mencapai indonesia maju.

Perlu diperhatikan bahwa kita harus menggunakan sosial media dengan bijak. Karena jika tidak kita akan terkena dampak negatif, seperti tidak bisa menahan jari kita yang akan mengakibatkan kita berkomentar tidak baik dengan seseorang.

Untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ada beberapa tips dalam menggunakan sosial media antara lain, Jadikan sebagai sarana  untuk menebarkan kebaikan, Mengingat dosa atau segala perbuatan, Melakukan crosscheck sebelum berpendapat, dan Ruang keikhlasan tanpa mengumbar riya. Gunakanlah internet atau sosial media untuk hal yang lebih positif dan produktif (red).

Baca Juga :   KAPOLDA Pimpin Apel Satgas Karhutla & Cek Perlengkapan/Kendaraan