Kemarau, Pasokan Air PDAM Tirta Raja Berkurang ke Sejumlah Wilayah di OKU

oleh -112 views
Pipa hisap UP Bakung PDAM Tirta Raja Baturaja-OKU

BATURAJA,Samudra.News– Direktur Utama PDAM Tirta Raja OKU H. Abi Kusno melalui Kasubsi Humas PDAM Tirta Raja OKU Elfanco, SE mengatakan, dampak dari musim kemarau ini membuat kebutuhan air pada masyarakat Baturaja terus meningkat.  Dan juga kapasitas produksi air bersih PDAM Tirta Raja, OKU mengalami penurunan rata-rata sekitar 20 persen sejak akhir Agustus.

Elfanco, SE yang biasa dipanggil rekan kerjanya Fanco, adapun unit pelayanan yang kapasitas produksinya mengalami penurunan terjadi di unit PDAM Induk, Up Bakung, UP Tanjung  Baru, UP Tanjung Agung, UP Batu Kuning, IKK Lubukraja, IKK Penyandingan, IKK Lubuk Batang dan IKK Tanjung Lengkayap, ujarnya.

Penurunan kapasitas produksi ini dikarenakan adanya penurunan debit intake sumber air baku yang mengalami pendangkalan. Dengan demikian, motor pompa penghisap intake PDAM mengalami penurunan daya hisap. Ya semua wilayah itu saluran air bersihnya akan mengalami gangguan, jelasnya, Rabu (2/9/2020).

Ditambahkan Fanco, sumber air bersih PDAM Tirta Raja, yakni Sungai Ogan, sudah mengalami penurunan debit. Muka air terendah di Sungai Ogan mulai mengalami penurunan sebagaimana kita lihat bersama, katanya.

Nah, untuk mengantisipasi kebutuhan air bersih tersebut, pihak PDAM Tirta Raja OKU akan menyiapkan kapasitas air bersih dengan lebih banyak. Selama musim kemarau, peningkatan permintaan air bersih dari sejumlah pelanggan semakin banyak.

Kami akan menginformasikan perkembangannya secara berkala, kata Fanco saat ditemui awak media. Sulitnya, kapasitas kita tetap seperti biasa, namun permintaan bertambah karena kebutuhan masyarakat menjadi lebih dari biasanya.

Fanco mengaku pihaknya telah berupaya dengan melakukan pengerukan Lumpur dan Sampah yang berada di sekitaran Pipa Hisap dan di bawah ponton apung milik PDAM di masing-masing unit pelayanan.

Pemuda yang murah senyum ini, menghimbau dan juga mengingatkan kepada pelanggan PDAM Tirta Raja agar lebih hemat lagi dalam penggunaan Air Bersih PDAM. Kami mohon maaf dengan ketidaknyamanan atas pelayanan kepada pelanggan setia PDAM Tirta Raja OKU, pungkasnya (yudi).

Baca Juga :   BRI Kolaborasi Dengan Polsek Salurkan Baksos ke Warga Terdampak Covid-19 Diwilayah Ulu Ogan