Kapolda Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan SAR Dit Samapta Polda Sumsel

oleh -145 Dilihat
Kapolda berikan tanda kepesertaan Diklat SAR

PALEMBANG,Samudra.News-Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH, PJU Polda Sumsel Membuka Pelatihan Peningkatan Kemampuan SAR Dit Samapta Polda Sumsel. Bertempat di Danau Jakabaring  Sport City Palembang, Kamis (17/12/2020).

Dalam pelatihan ini diikuti 100 peserta dengan perincian. Dit Samapta 38 orang, Sat Brimob 18 orang, Dit Polair 10 orang, Dit Lantas 10 orang, sedangkan pelatih BPBD 2 orang, Basarnas 2 orang, Biddokkes 8 orang, Brimob 2 orang, Dit Polair 2 orang, Dit Samapta 8 orang.

Dengan materi SAR Laut, SAR Darat, Manajemen Tanggap Bencana, Praktek SAR Laut dan SAR Darat.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM mengatakan, SAR merupakan singkatan Search and Rescue yakni usaha untuk melakukan pencarian pertolongan dan penyelamatan terhadap keadaan darurat yang dialami baik manusia maupun harta benda yang berharga lainnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri S, MM

Untuk itu Personel  Polri harus mampu meningkatkan kemampuan Search And Rescue (SAR) dengan memperdalam materi Manajemen Tanggap Bencana, SAR Laut ataupun SAR Darat,  sebagaimana kita ketahui bahwa di situasi dan kondisi apapun fungsi penyelamatan sangatlah penting bagi personel Polri untuk memperdalam fungsi SAR Laut atau SAR Darat.

Dalam hal ini juga diwajibkan kepada seluruh personel Polri untuk.dapat membantu dan tahu tugas pokoknya yakni tugas kemanusiaan dan cepat tanggap bencana, sesuai peran fungsinya selaku Pengayom, Pelindung masyarakat.

Bagaimana mau menolong orang lain sedangkan ia tidak tahu caranya, untuk itu manfaatkan waktu tiga hari ini untuk menambah bekal ilmu dan skill nya, untuk diaplikasikan dalam  melayani masyarakat, kepada Pelatih saya ucapkan terima kasih ucap Jenderal Eko Indra (red/win).

Baca Juga :   Masyarakat Lengkiti Siap Lahir Bathin Menangkan Kuryana-Johan di Pilkada OKU