Kadin PUPR dan Kadin Pertanian Paparkan Program Kerja 2022 Didepan Plh. Bupati OKU

oleh -11 views
Kadin PUPR paparkan program kerja dihadapan Plh. Bupati

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Memimpin Paparan Program dan Kegiatan Organisasi Perangkat  Daerah (OPD) Tahun Anggaran 2022. Bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Pemkab OKU. Jum’at (8/4/2022).

Dari pantauan media acara tersebut selain Plh. Bupati OKU juga terlihat Sekda OKU Dr. H. Achmad Tarmizi, Asisten III Romson Fitri, SH, MH, Plt. Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kadin PUPR Ir. Chandra Dewana, ST, MM dan Kadin Pertanian Ir. Joni Saihu, SP, MSi.

Kadin PUPR Ir. Candra Dewana, ST, MM memaparkan program dan kegiatan tahun 2022. Program dan kegiatan Dinas PUPR, antara lain, pengelolaan Sumber Daya Air, pembangunan perkuatan gedung, pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah, pengelolaan dan pengembangan  sistem drainase,

Kemudian pengembangan pemukiman, penataan bangunan gedung, dan program  penyelenggaraan jalan. Selain itu bidang peningkatan kualitas SDM, Dinas PUPR melakukan pelatihan tenaga  kontruksi, dan bidang penataan ruang lainnya.

Dalam menghadapi pelaksanaan kegiatan tersebut, adalah terkait masalah anggaran/keuangan APBD yang tidak mencukupi untuk merealisasikan semua usulan pembangunan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Dinas PUPR berusaha mencari alternatif sumber dana lain melalui dana Alokasi Khusus (DAK) yang merupakan dana dari Pemerintah Pusat dan bantuan dari Gubernur Sumsel, katanya.

Sementara itu, Kadin Pertanian Ir. Joni Saihu, SP, MSi memaparkan program dan kegiatan Dinas Pertanian Tahun 2022. Program dan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pertanian untuk mewujudkan misi Kabupaten OKU, salah satunya adalah untuk memajukan ekonomi kreatif berbasis komoditas yang didukung kemajuan investasi.

Kadin PUPR bersama jajaranya bersama Plh. Bupati OKU

Program dan kegiatan Dinas Pertanian meliputi, program penunjang urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota, program penyediaan dan pengembangan sarana pertanian, program pengendalian kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner, program pengendalian dan  penanggulangan Dinas pertanian, program perizinan usaha pertanian, dan program penyuluhan pertanian.

Baca Juga :   Pemkab OKU Launching Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa (SIMPEBAJA)

Program unggulan Dinas Pertanian yaitu Agrowisata yang terletak di Desa Raksa Jiwa Kecamatan Semidang Aji, Asuransi Usaha Tani, dan Kredit Usaha Rakyat.

Sedangkan di bidang inovasi, Dinas Pertanian mempunyai inovasi, layanan kesehatan hewan keliling yang bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan hewan/ternak.

Selain itu juga Dinas Pertanian mempunyai program inovasi, yaitu pompa hidram yang merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan hasil pertanian padi sawah terutama untuk teknologi lahan sawah tadah hujan.

Dalam kaitan paparan program dan kegiatan ini, Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyinggung masalah yang trend petani milenial. Kalau kita lihat sekarang, pertanian kurang diminati, karena pertanian ini identik dan mindset generasi muda menganggap pertanian itu kotor, terbelakang dan rendah.

Foto bersama Plh. Bupati OKU dengan Kadin Pertanian

Ini harus ditingkatkan dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan untuk mendorong semangat generasi muda, kita harus bergeser jangan lagi berfikir pola lama, pertanian itu hanya berdasarkan pengalaman dan naluri. Kita harus merubah gaya, tentu dilengkapi dengan teknologi dengan mencari solusi, agar niat generasi milenial di bidang pertanian semakin banyak dan kuat di Kabupaten OKU. Seperti dilakukan kerjasama dengan IPB, sehingga dapat diadopsi untuk Kabupaten OKU.

Menyinggung keberadaan agro wisata di Desa Raksa Jiwa, Kecamatan Semidang Aji, Teddy Meilwansyah menyarankan untuk ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya, dengan mengajak lintas OPD, yaitu PMD, Pariwisata dan OPD lain untuk saling mengisi program yang dikembangkan, untuk meningkatkan agro wisata ini, karena agro wisata sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat.

Pada kesempatan ini, Teddy Meilwansyah juga mengajak setiap OPD, untuk dapat menciptakan paling sedikit satu inovasi satu OPD (yudi).