HUT OKU Ke-112 Banyak Raih Prestasi dan Penghargaan, Namun Tetap Jaga Kearifan Lokal

oleh -331 Dilihat
PJ Bupati, Ketua DPRD OKU dan mantan Plh Bupati OKU masuki ruang sidang paripurna

BATURAJA,Samudra.News-Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri Pimpin Rapat Paripurna Ke-VII DPRD Kabupaten OKU dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten OKU Ke-112 Tahun 2022. Bertempat di Gedung Kesenian Baturaja-OKU. Jum’at (29/07/2022).

Acara tersebut Gubernur Sumsel hadir secara virtual, Mewakili Kajati Sumsel, Para Bupati/Walikota/Mewakili se-Sumsel, Forkopimda OKU, Anggota DPRD OKU, Sekda OKU, Para Asisten Setda OKU, Para Staf Ahli Bupati, Seluruh Kepala OPD, Para Kabag Setda/Setwan,

Kemudian seluruh Camat, Lurah dan Kades se-Kabupaten OKU, Ketua TP-PKK OKU, Ketua Ikatri, Ketua Kartika Candra Kirana, Ketua Bhayangkari, Ketua Dharma Yukti Karini, Ketua DWP OKU, Ketua GOW, Pimpinan BUMN/BUMD, Perbankan, Pimpinan Ormas dan Orsospol, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Anggota DPRD OKU dan undangan di HUT OKU ke-112

Dalam sambutannya Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyampaikan, peringatan hari jadi Kabupaten OKU yang ke-112 tahun 2022 ini diharapkan dapat semakin memantapkan dalam penyelenggaraan fungsi pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan, sesuai dengan tema “Bangkit dan Bersatu Dalam Berkarya Menuju Masyarakat Yang Bersih, Kreatif, Religius, Maju, dan Sejahtera”.

Selama kurun waktu satu tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten OKU telah banyak meraih prestasi dan penghargaan baik Tingkat Nasional maupun Tingkat Provinsi.

Semua keberhasilan ini merupakan berkat kerjasama dan dukungan semua pihak terutama DPRD Kabupaten OKU dan segenap unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), dan seluruh tokoh masyarakat, serta atas arahan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, ujarnya.

PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah menyapa undangan di HUT OKU

Pada kesempatan yang baik ini, mewakili seluruh masyarakat Kabupaten OKU menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas semua program percepatan pembangunan yang didukung Gubernur Sumsel H. Herman Deru selama tiga tahun terakhir untuk memajukan pembangunan di Kabupaten OKU terutama perluasan dan peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur, serta obyek infrastruktur strategis lainnya termasuk fasilitas publik.

Baca Juga :   KETUA IKAPTK OKU H. Teddy Meilwansyah Gelar Baksos Bagikan 300 Paket Sembako

Selain itu untuk mendukung  program mandiri pangan yang dicanangkan oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Kabupaten OKU telah mempercepat beberapa program dan kegiatan penguatan sektor Pertanian dan Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Kodim 0403/OKU dan Polres OKU, dengan menata beberapa sentra produksi Tanaman Jagung, jelasnya.

Teddy Meilwansyah menambahkan Pemerintah Kabupaten OKU selalu mengharapkan dukungan dan bantuan Gubenur Sumsel H. Herman Deru, guna mensinergikan visi pembangunan Provinsi Sumatera Selatan dengan visi pembangunan Kabupaten OKU.

Ketua DPRD OKU berikan potongan nasi tumpeng ke mantan Plh Bupati OKU

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan, Ulang Tahun Ke-112 Kabupaten.OKU telah menampakkan kebangkitannya sesuai dengan tag line ulang tahun ini “OKU Bangkit”. Kita semua bukan hanya Kabupaten OKU tetapi hampir seluruh wilayah bahkan secara Internasional baru saja mengalami keterpurukan atau kontraksi ekonomi yang luar biasa disebabkan pandemi Covid-19.

Kalau kita bicara tentang bangkit, bangkit ini tentu dalam berbagai aspek. Bangkit dalam perekonomian yaitu kita harus mempunyai modal kuat, yaitu modal stabilitas politik. Di saat-saat begini ada beberapa negara yang terus menghadapi krisis ekonomi dengan kondisi stabilitas politik yang tidak terjaga sehingga semakin terpuruk.

Yang kedua, stabilitas keamanan yang sangat komprehensif semua pihak mempunyai tanggungjawab terhadap kestabilan keamanan di wilayah masing-masing. Untuk itu, Herman Deru berharap kepada Bupati OKU untuk terus meningkatkan peran Forkopimda dan FKUB.

Foto bersama Pj Bupati OKU dengan Forkopimda dan Istri

Lanjut Herman Deru, Sumsel di saat keterpurukan ekonomi dengan kontraksi hebat sehingga mengakibatkan semua stagnasi. Laporan dari BPS kwartal I tahun 2022 terjadi penurunan angka kemiskinan yang signifikan yaitu pada angka 11, sebelumnya berada pada angka 13. Ini merupakan modal kita salah satunya adalah Program Sumsel Mandiri Pangan.

 

Deru melihat bahwa di Kabupaten OKU, gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini sudah mulai digencarkan terutama penyediaan bibit, bimbingan, ditambah lagi sebanyak 1400 orang PPL yang di gagas Provinsi Sumsel.

Baca Juga :   Polsek Sosoh Buay Rayap OKU, Sosialisasi Maklumat Kapolri Tentang Pentingnya Protokol Kesehatan

Untuk itu, Bupati OKU, Ketua DPRD OKU, Forkopimda dan stakeholder pemerintahan di Kabupaten OKU ini kita jadikan setiap ulang tahun bukan hanya ulang tahun ke-112 ini untuk kita jadikan momentum introspeksi diri.

Kinerja yang sudah baik, sinergitas terjaga, Forkopimda, masyarakat harus kita bangun, Pemerintah Provinsi Sumsel akan terus memberikan support kepada Kabupaten OKU untuk maju sebagai salah satu tujuh dari daerah otonomi.

Herman Deru juga berpesan kepada Bupati, DPRD dan Forkopimda untuk tetap terus memperhatikan karateristik dan kerarifan lokal masyarakat agar tetap terpelihara ditengah masyarakat OKU yang majemuk, pungkasnya (ADV/Samuda.News).