HD Lantik 5 Pjs Bupati, Diantaranya Putra OKU Aufa Syahrizal Jabat Pjs Bupati OI

oleh
Pjs Bupati Ogan Ilir, Aufa Syahrizal, SP, MSc

PALEMBANG,Samudra.News-Gubernur Sumsel Herman Deru mewanti kepada setiap pejabat sementara (Pjs) Bupati di lima daerah untuk menjaga kondusifitas wilayah Pilkada. Sumsel sebagai wilayah Zero Conflict diharapkan Deru dapat terus terjaga selama Pilkada berlangsung.

Sesuai ketentuan berlaku Pjs harus menjaga kondisi daerah harus bebas konflik, ras dan persoalan konflik lain. Lalu untuk tata pemerintahan tetap harus berjalan sebagaimana mestinya, ungkap Herman Deru, usai pelantikan di Griya Agung Palembang, Sabtu (26/9/2020).

Dalam Pilkada Serentak 2020 di tujuh Kabupaten di Sumsel, Polda Sumsel mengantisipasi tiga wilayah rawan, yakni, OKU Selatan, OKU dan Muratara.

Dua wilayah OKU dianggap rawan, karena akan menghadapi kotak kosong. Sedangkan Muratara memiliki catatan sebagai wilayah rawan konflik.

Tetap saya bersama Kapolda Sumsel, dan Forkompinda akan mewanti pelaksanaan Pilkada agar damai dari potensi kerawanan, jelas dia.

Dalam arahan terhadap lima Pjs Bupati, Deru juga meminta untuk menjaga nama baik dirinya agar Pjs yang telah ditunjuk tidak terlibat dalam politik. Pjs harus memastikan netralitas ASN di lingkungannya agar Pilkada dapat berlaku jujur dan adil dan tidak merubah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dari Bupati definitif.

Jangan ada mutasi, kecuali ada pelanggaran yang prinsipil. Pjs tidak boleh berpolitik. Dia harus menjaga kedamaian, menjaga netralitas, katanya.

Terakhir, terhadap kepala daerah yang cuti, Deru meminta mereka menanggalkan semua fasilitas negara. Dirinya mengingatkan jika kampanye politik petahana dilarang membawa semua fasilitas.

Petahana jangan menggunakan fasilitas negara, jangan coba-coba. Pjs akan saya minta mengawasi, jelas dia.

Sementara itu, Pjs Bupati Ogan Ilir (OI), Aufa Syahrizal mengungkapkan, kedepan dia akan memastikan kondusifitas selama masa pilkada terhitung Senin mendatang. Dia juga akan langsung berkoordinasi dengan forkompinda setempat untuk melaksanakan kelanjutan pembangunan.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Tanjung Agung Ajak Warga Ikuti Protokol Kesehatan

Pembangunan tidak boleh berhenti. Walau waktu saya singkat saya akan melanjutkan pembangunan, pungkasnya (win).