Gubernur Sumsel & Pjs. Bupati OKU Selatan Tinjau Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji

oleh
Gubernur naik motor ke lokasi pembangunan waduk

MUARADUA,Samudra.News-Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru tinjau Proyek Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji bersama Pjs. Bupati OKU Selatan Hj. Nora Elisya, SH, MM di Kecamatan Tiga Dihaji, Selasa (13/10/2020).

Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Ketua II DPRD OKU Selatan, Asisten II, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, BBWSS VIII Para Kepala OPD Pemkab OKU Selatan, Camat Tiga Dihaji, Kepala BPN, Tim Pengadaan Tanah, Kepala Desa serta pengkat desa dan Jajaran Pemerintah Kecamatan Tiga Dihaji, Kabag Prokompin serta undangan lainnya.

Setelah tiba dilokasi pembangunan Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama Pjs. Bupati OKU Selatan melaksanakan Peninjauan Pembangunan serta di dampingi Jajaran Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

HD bersama Pls Bupati tinjau pembangunan Waduk

Dalam Sambutan Kepala BBWSS VIII menyampaikan Bendungan Tiga Dihaji yang mulai dibangun pada akhir 2018 tersebut memiliki tipe zona dengan inti lempung urugan batu dengan area genangan air seluas 468 H.

Selanjutnya Bendungan akan diisi air dari Danau Ranau melalui Sungai Selabung yang dihadang bangunan utama bendungan setinggi 122 Meter dengan panjang puncak Bendungan 950 Meter serta lebar pada puncak 12 Meter.

Adapun tujuan pokok pembangunan Bendungan Tiga Dihaji untuk mendukung Program Ketahanan Pangan, Ketahanan Energi, dan Ketahanan Air secara nasional yang akan mengairi daerah Irigasi seluas 25.423 Hektar di Kabupaten OKU Selatan, OKU Timur, dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Dirjen elaskan detail pembangunan bendungan

Dalam sambutan Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji ini dalam rangka mendukung Program Nasional ”Kedaulatan Pangan dan Kedaulatan Energi”,

Direktur Jendral Sumber Daya Air menetapkan program pembangunan Bendungan Tiga Dihaji, satu juta Hektar Rehabilitas Jaringan Irigasi dan Program Strategis lainnya di Kabupaten OKU Selatan.

Baca Juga :   4 DESA DI RANAU GELAR SHOLAT IDUL FITRI SECARA BERGILIR

Selanjutnya Gubernur juga menyampaikan Bendungan tersebut berfungsi sebagai Bendungan Multi Purpose untuk mengairi lahan irigasi baru seluas 25.423 Hektar, menghasilkan Sumber Energy Listrik/ PLTA lebih kurang 40 MW, untuk Budidaya Perikanan, Air baku serta tempat wisata baru di OKU Selatan.

Semoga Pembangunan Bendungan ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga bisa segera dimanfaatkan untuk semua lapisan masyarakat, dan saya ucapakan terima kasih kepada jajaran Pemkab OKU Selatan yang telah membantu dalam pembangunan Bendungan Tiga Dihaji.

Diharapkan, semoga dengan selesainya pembangunan Bendungan Tiga Dihaji ini kita semua berkomitmen untuk mensejahterakan para Petani yang ada di Kabupaten OKU Selatan, pungkasnya (mul).