Gubernur Sumsel Hadiri HUT PTBA, Resmikan Internet Masuk Desa, hingga Listrik Masuk Sawah

oleh
Peresmian program infrastruktur Provinsi Sumsel

MUARA ENIM,Samudra.News-Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru melakukan  kunjungan kerja ke Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim. Di awali dengan syukuran HUT PT Bukit Asam (Persero) Tbk Ke-40 di Tanjung Enim, Selasa (2/3/2021).

Dikunjungan Herman Deru tersebut, ia meresmikan puluhan infrastruktur di Kabupaten Muara Enim, dan meninjau PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Desa Tanjung Raja, sebagai bagian program “Listrik Masuk Sawah”.

HUT PT. Bukit Asam (Persero) Tbk. Pemerintah Provinsi Sumsel mendukung penuh pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim yang digagas oleh PT Bukit Asam Tbk, ujarnya.

Sambutan Gubernur Sumsel Herman Deru di Tanjung Enim

Gubernur yakin, pembangunan KEK tersebut tentu akan membawa dampak positif bagi perkembangan Kabupaten Muara Enim khususnya untuk Tanjung Enim. PT Bukit Asam berencana mengembangkan bisnis dengan membangun Hilirisasi Batubara, berupa pabrik pengolahan Gasifikasi yakni suatu proses perubahan bahan bakar padat secara termokimia menjadi Gas berbahan dasar hasil tambang tersebut, katanya.

Harapan saya agar PT Bukit Asam tetap menjadi perusahaan pertambangan yang peduli akan lingkungan dan terus berkontribusi untuk kemajuan Sumsel. Mudah-mudahan kekayaan Sumber Daya Alam di Sumsel ini dapat terus bermanfaat bagi anak cucu kita.

Internet Masuk Desa, setelah menghadiri perayaan HUT PT Bukit Asam ke-40 di Tanjung Enim, selanjutnya meresmikan puluhan infrastruktur yang ditandai dengan pemukulan tambur dan pemecahan kendi, dipusatkan Desa Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim.

Gubernur Sumsel di HUT PT Bukit Asam (Persero) Tbk

Alhamdulillah, sekian banyak infrastruktur yang menjadi tanggung jawab Provinsi di Kabupaten Muara Enim telah rampung diperbaiki dengan alokasi pendanaan dari Pemprov Sumsel dimulai dari TA. 2019 dan TA. 2020, jelasnya.

Dari sekian banyak pembangunan fisik yang dilakukan, ada juga pembangunan non fisik yang saat ini sangat urgensi dibutuhkan masyarakat yaitu sinyal. Karena itu kami berupaya menjawab keingingan masyarakat tersebut dengan program “Internet Masuk Desa”.

Baca Juga :   Momen Sumpah Pemuda, Ketua KPI OKU Meilan Tomy Ajak Pemuda Peduli Lingkungan

Upaya penguatan sinyal Handphone (HP) yang telah kita bangun, kini sudah mulai dimanfaatkan oleh anak-anak kita yang sedang study from home. Alhamdulillah, komitmen Herman Deru dalam mendongkrak ekonomi masyarakat melalui perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten/Kota yang menjadi tangung jawab Provinsi telah dilakukan, bahkan hingga akhir tahun 2020 lalu sudah 90 persen selesai.

Gubernur Sumsel didampingi Plh. Bupati Muara Enim

Listri Masuk Sawah, program listrik masuk sawah yang kami inisiasi mendapat dukungan dari berbagai pihak. Setelah sebelumnya program Listrik Masuk Sawah dijalankan melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN),

Kali ini PT. Bukit Asam turut berkontribusi untuk menjalankan inisiasi tersebut. Dimana PT. Bukit Asam membuat terobosan dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk pengairan persawahan melalui pompanisasi dari Sungai.

Dengan PLTS ini Sawah yang ada di daerah berbukit tetap bisa dialiri air yang diambil dari sungai dengan pompanisasi, yang arus listriknya diambil dari PLTS ini. Tentunya ini dapat meningkatkan hasil pertanian, imbuhnya.

Melalui inovasi ini, mudah-mudahan Kabupaten Muara Enim tidak hanya dikenal sebagai daerah penghasil energi, namun juga turut menjadi daerah lumbung pangan. Saya yakin ini jadi contoh nasional, pungkasnya (hd/herdi).