Gubernur Sumsel Bersama Pjs Bupati OKU Selatan Panen Raya Padi Sawah & Restocking Benih Ikan di Danau Ranau

oleh
Sambutan Gubernur Sumsel, H. Herman Deru

MUARADUA,Samudra.News-Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru melaksanakan Panen Raya Padi Sawah dan Restocking Benih Ikan di Danau Ranau bersama Pjs. Bupati OKU Selatan Hj. Nora Elisya, SH, MM di Desa Surabaya, Kecamatan Banding Agung-OKU Selatan, Selasa (13/10/2020).

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata, SE, Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan, Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap, Kejari OKU Selatan, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah H. Romzi, SE, MSi,

Kemudian Para Asisten, Para Kepala OPD Pemerintah Provinsi Sumsel, Para Kepala OPD Pemkab OKU Selatan, Para Kabag, Para Camat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Para Kelompok Tani, dan Undangan lainnya.

Gubernur Sumsel dan Forkopimda Panen Raya Padi

Pjs. Bupati OKU Selatan Hj. Nora Elisya, SH, MM dalam laporannya menyampaikan, berdasarkan Sensus Pertanian tahun 2017, luas pertanian di Kabupaten OKU Selatan 16.905 Hektar dan sebagian besar merupakan Sawah dengan irigasi desa dan tadah hujan.

Panen Raya dan Restocking Benih Ikan yang dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 ini, juga diisi dengan pemberian bantuan Alsintan dan Bibit Padi, yang secara simbolis diberikan langsung oleh Gubernur Sumsel, Pjs. Bupati OKU Selatan, dan Ketua DPRD OKU Selatan.

Bantuan tersebut diantaranya Cultivator 5 unit, Paket lengkap PATB lahan kering 110 sebanyak 72 ton, Benih Padi Sawah dari Balai Pengkaji Teknologi Pertanian Sumsel 1 Ton, dan Power Teaser 5 Unit.

Gubernur jawab pertanyaan wartawan usai panen padi

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel Herman Deru mengajak para petani di Sumsel harus bangga dengan profesinya, mengingat sebagian besar lahan di Sumsel merupakan lahan pertanian yang luas dan harus dimanfaatkan dengan layak.

Untuk mendukung majunya sektor pertanian di Sumsel, Gubernur Sumsel Herman Deru juga akan sebar 1000 orang tenaga PPL ke Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel untuk membimbing para petani agar menghasilkan panen yang sesuai dengan harapan, ujarnya.

Baca Juga :   Putra Bungsu Sekda OKU Mohammad Riezqy Cahya Atazsu Dilantik Jadi Prajurit Taruna Akmil

Dalam kesempatan ini Gubernur juga mengingatkan agar selalu tetap menjaga protokol kesehatan, baik dalam beraktivitas dengan mempedomani Pergub No 37 tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 yakni memakai Masker, Mencuci tangan dengan air mengalir pakai sabun dan menjaga jarak.

Gubernur foto bersama dengan poktan OKU Selatan

Gubernur Sumatera Selatan, Pjs. Bupati OKU Selatan beserta rombongan melakukan Restocking Benih Ikan di Danau Ranau berjumlah 200.000. yang berasal dari bantuan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Selatan 100.000 benih ikan dan 100.000 berasal dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Selatan.

Gubernur menjelaskan penebaran Benih Ikan ini dilakukan untuk menjaga ketersedian ikan dan menjaga keseimbangan di Danau Ranau serta menjaga debit air sehingga dapat mengaliri sawah-sawah penduduk serta dapat berfungsi meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, harapnya.

Usai melaksanakan Panen Raya Padi Sawah, penebaran Bibit Ikan di Danau Ranau, Gubernur Sumsel bersama Pjs.Bupati OKU Selatan dan rombongan mengecek jalur Sriwijaya Ranau Gran Fondo yang akan digelar bulan November 2020 mendatang di Pantai Pelangi, pungkasnya (mul).