Gubernur Apresiasi Ribuan Peserta JASS#9 Dengan Mengikuti Protokol Kesehatan

oleh
Gubernur Sumsel Herman Deru, Pangdam & Kapolda

MUARADUA,Samudra.News-Gubernur Sumsel Herman Deru secara simbolis lepas 2.500 peserta Jelajah Alam Serasan Seandanan (JASS)#9 Tahun 2020. Panitia dan peserta berkometmen menerapkan protokol kesehatan pakai masker dan jaga jarak dalam menggelar event tersebut, Sabtu (22/08/2020).

Opening Ceremony yang digelar di Halaman Gedung Dewan Kesenian Pemkab OKU Selatan ini, juga dihadiri langsung, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM.

Kemudian Bupati OKU Selatan Popo Ali MB Commerce, Wabup OKU Selatan Sholehien Abuasir, SP, MSi, Dandim 0403/OKU Letkol ARH Tan Kurniawan, SAP, MIPol, Kapolres OKU Selatan AKBP. Zulkarnain Harahap, SIK, Kadis Pariwisata Darmawan SE, MSI dan Undangan lainnya.

Bupati OKU Selatan Popo ALi ikuti JASS#9

Pelaksanaan Opening Ceremony ini digelar dengan menerapkan Protokol Kesehatan sesuai dengan hasil rapat pada hari Senin (10/8/2020). Dalam arahan tersebut Bupati OKU Selatan mengatakan, bahwasannya pelaksanaan Event JASS#9 Tahun 2020 ini bukan pekerjaan mudah.

Bupati juga menjelaskan bahwa Event JASS#9 ini bukan hanya media untuk menyalurkan hobi Sport dan Adventure, namun lebih sebagai media promosi, dengan harapan menarik Wisatawan, dan yang paling utama adalah multi efek yakni memajukan wilayah sekitar, serta meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Dilanjutkannya, JASS#9 sangat menekankan kepada semua pihak untuk ikut menyukseskan event di era kebiasaan baru, yang mana aktivitas tetap berjalan tapi mampu meminimalisir Covid-19 serta setiap waktu mensosialisasikan kepada para Crosser untuk menerapkan Protokol Kesehatan.

Menjelang finish ditepian Danau Ranau OKU Selatan

Gubernur Sumsel Herman Deru dalam sambutannya menyampaikan, bahwasannya sebagai Gubernur Ia sangat mengapresiasi pelaksanaan event JASS#9 Tahun 2020 dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Herman Deru yang biasa disapa dengan panggilan HD, menilai, JASS#9 adalah ajang menjalin tali silaturahmi yang luar biasa. JASS#9 tidak hanya memberikan manfaat silaturahmi tapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat OKU Selatan dan bagi peserta ini adalah penyaluran hobby yang dinantikan setiap tahunnya.

Baca Juga :   E-Dumas Presisi Polri, Masyarakat Dengan Mudah Membuat Aduan Cepat, Mudah dan Terukur

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana JASS#9 Kepala Dinas Pariwisata OKU Selatan, Darmawan, SE, MSi menjelaskan, peserta kali ini jumlahnya turun dimana di tahun 2019 pesertanya mencapai 3.215 orang, karena pandemi Covid-19 ini pesertanya hanya 2.500 orang.

Peserta saat finish di dermaga Danau Ranau

Rutenya pun kita perpendek, dahulu para peserta ada yang nyampai jam 11 malam hari, kali ini tidak terjadi lagi. Asal pesertanya pun tetap dari berbagai Provinsi baik club motor maupun perseorangan.

Start untuk jalur JASS#9 ini dimulai dari Gedung Kesenian Muaradua, Rantau Panjang, Bumi Jaya, Majar, Gunung Cahya, Bendi, Pakuwolan, Talang Padang, Sepagi, Kayu Mulu, Sumber Jaya, Sumber Mulya, Simpang Sender, Bumi Agung, Kiwis Raya, Gunung Raya, Bedeng Tiga, Pilla, Simpang Pusri dan finish Banding Agung, kata Kadis Pariwisata.

JASS#9 ini juga merupakan event yang salah satunya untuk memperkenalkan potensi wisata alam, produk-produk unggulan OKU Selatan dan mempromosikan sejuta pesona Bumi Serasan Seandanan sebagai cerminan tentang kondisi pariwisata di OKU Selatan yang kondusif, aman, nyaman untuk dikunjungi.

Bupati OKU Selatan bagikan hadiah utama sebuah Mobil

Kabupaten OKU Selatan merupakan alam yang berbukit dan sejuk, dihiasi dengan panorama Gunung Seminung dan Danau Ranau dengan airnya yang sejuk dan jernih, membuat para pengunjung terpesona dan merasa nyaman untuk dikunjungi.

Pemkab OKU Selatan  telah mengagendakan event JASS#9, telah dijadikan event tahunan dan kini telah memasuki ditahun ke-9. Namun, untuk event JASS#9 tahun ini berbeda dengan event-event tahun lalu. Karena, JASS#9 dalam suasana Covid-19, sehingga pemerintah optimis tidak terjadi apa-apa, karena kita menerapkan protokol kesehatan.

Pelepasan yang termasuk dalam Crosser VIP ini diantaranya Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel, Pangdam II/Sriwijaya, Bupati OKU Selatan, Wakil Bupati OKU Selatan, Walikota Pagaralam, Ketua DPRD OKU Selatan dan Ketua DPRD OKI, FKPD baik dari Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota se Sumsel, Kepala OPD Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota.

Baca Juga :   KAPOLDA Terima Audiensi Ketua dan Komisioner Bawaslu Sumsel

Malam penutupan JASS#9 dilakukan di Dermaga sekaligus Icon Danau Ranau. Panitia menyiapkan hadiah utama berupa dua unit Mobil, 9 unit Motor Jepang dan puluhan hadiah Doorprize, dan pemenangnya untuk Mobil peserta dari Kabupaten OKI, Mobil Pick Up dari Muaradua OKU Selatan, pungkasnya (yudi).