Forum Konsultasi Publik RPJMD Harus Sesuai Dengan Visi dan Misi Bupati OKU

oleh
Kepala Bappelitbangda OKU Ir. Gunawan Somad, MM

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH menghadiri Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten OKU Tahun 2021-2026. Bertempat di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU, Senin (12/04/2021).

Acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD ini diikuti Wakil Ketua DPRD, Kepala BPS, Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD, Asisten,  Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kabag, TP-KK, DWP, dan BUMN/BUMD, Perbankan, Unsur Perguruan Tinggi dan undangan lainnya.

Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH mengatakan Forum Komunikasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten OKU tahun 2021-2026 ini diharapkan dapat merepresentasikan visi dan misi Bupati OKU. Visi Kabupaten OKU yaitu terwujudnya  Ogan Komering Ulu yang Bersih,  Kreatif, Religius, Maju dan Sejahtera.

Kepala Bappelitbangda OKU Teken RPJMD OKU

Sedangkan Misi Bupati OKU, yaitu reformasi birokrasi, ekonomi kreatif, SDM religius dan sejahtera, dan daya saing infrastruktur, inovasi, dan lingkungan hidup. Sehingga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten OKU,  dapat terlaksana dan dapat  menjadikan warga masyarakat Kabupaten OKU semakin sejahtera.

Dikatakan, semoga kegiatan ini dapat menjadikan landasan dalam melaksanakan rancangan pembangunan yang berkelanjutan, usulan dan harapan dari masyarakat dapat diolah kembali dan di sesuaikan dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya, agar progres pembangunan nantinya berjalan dengan baik.

Adapun permsalahan RPJMD Kabupaten OKU tahun 2021-2026, adalah sumber daya alam dan  kelestarian lingkungan, konektifitas dan pengembangan wilayah, tata kelola pemerintahaan dan reformasi birokrasi,  penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan sumber daya manusia, nilai tambah ekonomi dan daya saing, serta   pengembangan pertanian.

Plh Bupati dan Wakil Ketua DPRD OKU perlihatkan RPJMD

Fokus RPJMD Kabupaten OKU  tahun 2021-2026, yaitu pada tahun 2021 dan 2022 masih terfokus pada pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM, tahun 2023 dan 2024 masih sama, yaitu meningkatkan dan memantapkan  infrastruktur dan SDM di dukung oleh tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, sedangkan pada tahun 2025 memantapkan infrastruktur dan kulalitas SDM yang mandiri, sejahtera dan berbasis kearifan lokal.

Baca Juga :   POLDA SUMSEL Lepas Mayjen TNI Irwan, SIP, MHum ke Tempat Tugas Yang Baru

Kepala Bappelitbangda Kabupaten OKU Ir. Gunawan Somad, MM melaporkan, Konsultasi Publik RPJMD Kabupaten OKU 2021-2026 dilaksanakan atas dasar, UU. No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, UU. No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,

Kemudiab Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan,  pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah, tara cara evaluasi Raperda tentang rancanganan Peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta  tata cara perubahan RPJPD,  RPJMD, dan RKP, katanya.

Tujuan dilaksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD ini untuk menyempurnakan rancangan awal RPJMD kabupaten OKU 2021-2026  berdasarkan masukan-masukan  hasil kesepakatan forum, pungkasnya (yudi).