DPRD OKUS Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati TA 2019 & Laporan Hasil Reses Anggota Dewan

oleh -145 Dilihat
Bupati OKU Selatan Popo Ali MB Commerce

MUARADUA, Samudra.News-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKU Selatan gelar Pembukaan Rapat Paripurna dengan Agenda Penyampaian LKPJ Kepala Daerah Kabupaten OKU Selatan Tahun Anggaran 2019 sekaligus Penyampaian Laporan Hasil Reses Kedua Anggota DPRD dari masing masing Daerah Pemilihan Tahun 2020.

Rapat yang dipimpim Ketua DPRD Kabupaten OKU Selatan Heri Martadinata, SE dengan didampingi Wakil Ketua DPRD Yohana Yudha Yanti, SE dan Rapat Paripurna terbuka untuk umum.

Dari pantauan media acara tersebut dihadiri Bupati OKU Selatan  Popo Ali M, B Commerce, Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir, SP, MSi, Forkopimda OKU Selatan, Sekda OKU Selatan H. Romzi, SE, MSi, Para Asisten, Staf Ahli.

Kemudian  Kepala OPD di Lingkungan Pemkab OKU Selatan, Pimpinan Bank SumselBabel Muaradua, Direktur PDAM Tirta Saka Selabung, Kepala PLN Wilayah Muaradua. Camat, Lurah dan Kepala Desa se OKU Selatan, serta segenap Pimpinan partai politik dan Tokoh Masyarakat.

Anggota DPRD OKUS yang hadir di Rapat Paripurna

Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata, S.E Dalam Pembukaannya mengatakan bahwa beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Senin telah dilaksanakan Pandangan Umum Fraksi terhadap LKPJ Kepala Daerah Tahun 2019.

DPRD telah memberikan argumen, saran dan pendapat Fraksi terhadap penyampaian LKPJ tersebut, kini tibalah waktunya penyampaian jawaban Kepala Daerah terhadap masukan, saran dan pendapat fraksi yang disampaikan langsung Bupati OKU Selatan, Popo Ali.

Sekaligus Ketua DPRD meminta kepada setiap masing-masing juru bicara Fraksi untuk menyampaikan Laporan Hasil Reses kedua Anggota DPRD OKU Selatan dari Masing Dapil Kabupaten OKU Selatan Tahun 2020.

Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata, SE

Bupati OKU Selatan Popo Ali M B. Commerce menyampaikan nota pengantar laporan keterangan pertanggung jawaban bahwa beliau meminta perkenan untuk menyatakan prihatin atas Pandemi Virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19.

Baca Juga :   Karo Ops Polda Sumsel Pimpin Distribusi Nasi Kotak Dapur Umum

Pemerintah melalui gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) menyatakan, wabah Covid-19 sebagai ”Bencana Non Alam“. Pemerintah Kabupaten OKU Selatan menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang meninggal dunia.

Kepada mereka yang sakit dan yang sedang menjalani perawatan medis semoga diberikan kesabaran dan kesembuhan oleh Allah SWT. Bupati juga mengapresiasi tinggi kepada tenaga kesehatan dan semua pihak yang telah membantu dalam penanganan Covid-19 di Bumi Serasan Seandanan.

Bupati mengajak kepada semua pihak mari bergandeng tangan dan kerjasama sehingga nantinya dapat melewati pandemi ini dengan salah satunya mengkampanyekan untuk memakai masker agar bisa terlindungi dan melindungi, saling menjaga sesama dan ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah agar kita tidak terpapar dari penyebaran Covid-19.

Bupati OKU Selatan Popo Ali MB Commerce

Dikatakan Bupati OKU Selatan bahwa gambaran umum pelaksanaan pembangunan daerah pada tahun 2019 yaitu jumlah penduduk OKU Selatan mencapai 415.107 Jiwa dengan kepadatan 0.76 Jiwa perkilometer persegi, sedangkan proyeksi kinerja perekonomian diukur dengan produk domestik regional bruto (PDRB) dengan nilai PDRB atas dasar harga konstan mencapai Rp.5.764.647.190.

Berbagai upaya pembangunan telah dilakukan dan telah mendapat apresiasi dengan telah diterimanya penghargaan pada tahun 2019 antara lain :

  1. Penghargaan sebagai Kabupaten Pelopor integrasi jaminan kesehatan daerah sampai kedesa.
  2. Penghargaan Jenang Jurai Adat Basemah Kisam Raya
  3. Penghargaan sebagai Pembina Wilayah Pelopor Perdamaian.
  4. Penghargaan atas pembentangan Bendera Merah Putih terbesar dipermukaan Danau Ranau.
  5. Penghargaan SAKIP Award.
  6. Penghargaan Lomba Desa Inovatif tingkat Provinsi Sumatera Selatan.
Anggota DPRD dan Forkopimda OKU Selatan

Bupati OKU Selatan menyatakan bahwa penghargaan tersebut bukanlah tujuan utama pemerintah OKU Selatan melainkan sebagai pemicu semangat untuk bekerja lebih keras lagi sehingga dapat memberikan karya terbaik bagi Masyarakat OKU Selatan pada umumnya dan Pemkab pada umumnya.

Baca Juga :   Pemilihan Anggota LKM Talang Jawa Jaya Berlangsung Demokratis

Dalam Laporannya tersebut Bupati OKU Selatan menyampaikan gambaran uraian singkat capaian  penyelenggaraan Pemkab OKU Selatan yang terlampir pada rincian di Laporan Dokumen Pertanggungjawaban Kepala Daerah (LKPJ) OKU Selatan Tahun 2019 yang telah disampaikan sebelumnya.

Usai Penyampaian LKPJ, Bupati melanjutkan dengan Penyampaian Laporan Hasil Reses Kedua Anggota DPRD dari masing masing Daerah Pemilihan Tahun 2020 oleh masing-masing juru bicara dari Dapil I sampai dengan Dapil IV, pungkasnya (bas/yd).