DISNAKER OKU, Program Tahun 2022 Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Kerja

oleh -72 Dilihat

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah memimpin Rapat Paparan Program dan Kegiatan Tahun Anggaran 2022 oleh Dinas Tenaga Kerja, Inspektorat, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OKU. Bertempat di Ruang Bina Praja Pemkab OKU. Senin (28/03/2022).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri oleh Plt. Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda OKU, Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU Ivan Saputra, SH, Inspektorat Kabupaten OKU Robin Syah dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OKU Ir. Joni Amran, MM.

Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU Ivan Saputra, SH menyampaikan, bahwa program unggulan dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU adalah pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di UPTD Kabupaten OKU, dengan jurusan pelatihan menjahit, tata boga, tata kecantikan, mesin las, otomotif (mobil motor), mesin las, dan audio video.

Selanjutnya Ivan Saputra menyampaikan bahwa Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKU berkomitmen untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten OKU dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan pasar kerja dan juga bertujuan untuk menciptakan wira usaha baru dengan harapan dapat membuka lapangan kerja.

Selain itu juga berusaha semaksimal mungkin untuk mendorong pengusaha di Kabupaten OKU untuk dapat memenuhi hak-hak pekerja agar terciptanya hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan, tutupnya.

Dilanjutkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OKU Ir. Joni Amran, MM menyampaikan, bahwa program kearsipan (sesuai Kemendagri 050.5889/2021) diantaranya, program pengelolaan arsip, program perlindungan dan penyelamatan arsip, serta program perizinan dan penggunaan arsip, dengan inovasi aplikasi offline sistem tata kelola dan temu kembali arsip dinamis inaktif.

Selanjutnya, inovasi perpustakaan ialah perpustakaan berbasis inklusi sosial, diantaranya pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga dengan melibatkan narasumber/pelatih yang kompeten, dan memberikan pelatihan/bimbingan kepada anak-anak usia sekolah belajar bahasa inggris gratis.

Baca Juga :   Dinas Pariwisata Paparkan Program Kerja 2022 Didepan Plh. Bupati OKU

Pada paparan ini Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah .menyampaikan, bahwa perlu dipahami bersama tujuan dari paparan ini untuk mengetahui apa saja langkah-langkah yang telah dilakukan dalam upaya percepatan yang ada di masing-masing OPD.

Termasuk juga untuk mengetahui apa yang menjadi kendala di masing-masing OPD sehingga kita dapat bersama-sama mencari jalan keluar di tahun 2022 ini yang akan kita laksanakan di seluruh OPD dapat berjalan lancar dan sukses serta tanpa ada permasalahan apapun yang terjadi dikemudian harinya.

Selanjutnya, kepada seluruh OPD dalam melaksanakan inovasinya, Teddy Meilwansyah berharap untuk membuka jalinan kerjasama dengan OPD lain dan juga dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan inovasi yang dibuat, sehingga apa yang kita lakukan ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, pungkasnya (yudi).