Dikunjungi Pengasuh Ponpes Se Kabupaten OKU, Kang Jito Sangat Senang, Bahagia dan Berterima Kasih

oleh -311 Dilihat
Kang Jito menyalami Pengasuh Ponpes satu persatu di ruang kerjanya

BATURAJA,Samudra.News-Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri menerima kunjungan silaturahim pengasuh Pondok Pesantren se Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang dipimpin KH. Zulfan Baron, SPd I, MSi. Bertempat di Ruang Kerja Ketua DPRD OKU, Selasa (14/3/2023).

Dari pantauan media kedatangan Pengasuh Pondok Pesantren se Kabupaten OKU dipimpin  oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Fakhriyah Baturaja, K.H. Zufan Baron, SPd.I, MSi beserta Pengasuh Ponpes Al Azhar, Ponpes Bambu Sembilan, Kt. Darul Muttaqin, Bany Zahro, Darul Khuldi, Luqmanul Hakim, Darul Anwar, Pp. Al-Islah Nahdlatul Muslimin, Al Falaah Lekis Rejo, Babussalam, Miftahul Jannah, Nurul Yaqin dan Pengasuh Ponpes lainnya.

Ketua DPRD sangat mengapresiasi kunjungan Pengasuh Ponpes

Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri yang biasa disapa Kang Jito mendapat kunjungan  silaturahim sejumlah Kiyai Pengasuh Pondok Pasentren Se Kabupaten OKU tersebut sangat Bersyukur, Senang, Bahagia dan Berterima Kasih.

Kang Jito sebagai Ketua DPRD OKU mengatakan, jika para ulama dalam kedudukannya sebagai pemimpin informal di tengah masyarakat memiliki peran yang penting dan strategis, khususnya untuk memperkokoh sendi-sendi etika, moral dan spiritual kehidupan berbangsa dan bernegara.

Para ulama tidak saja berperan menjaga moral bangsa dan etika keberagaman, tetapi sekaligus berfungsi untuk mencerahkan, mencerdaskan, dan membimbing ummat dengan ajaran dan nilai-nilai Islam. Peran ulama juga sangat strategis dalam membangun karakter bangsa, ujarnya.

Ketua FPP OKU KH Zulfan Baron menyampaikan maksud dan tujuan

Dalam era reformasi dan demokrasi ini, terbuka ruang partisipasi yang luas kepada seluruh kemponen bangsa, termasuk para ulama, untuk memainkan peran dan fungsinya, katanya.

Menurutnya, revitalisasi peran dan fungsi ulama di tengah kehidupan ummat dan bangsa sangatlah penting. Terutama dalam masyarakat yang sedang berubah dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern yang cenderung berpikir rasional dan pragmatis, peran dan fungsi ulama harus lebih diperkuat.

Baca Juga :   Karyawan Ketarik Mesin Penggiling Kayu, Keluar Mengenaskan Jadi Potongan Kecil-Kecil

Apalagi kehadiran para Pengasuh Ponpes se Kabupaten telah memberikan masukan dan dalam rangka mengsenergikan antara Pemimpin dan Ulama. Diharapkan dengan kunjangan para Ulama ini mampu memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai berbagai hal terkait Pondok Pesantren.

Ketua DPRD OKU foto bersama usai pertemuan silaturahim

Ditempat yang sama sebagai Ketua Forum Pondok Pesantren OKU, KH. Zufan Baron, SPd.I, MSi yang juga merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Fakhriyah Baturaja mengatakan, FPP (Forum Pondok Pesantren) merupakan wadah dalam mendukung serta membantu pemerintah untuk mewujudkan kemudahan bagi Pondok Pesantren di Kabupaten OKU.

Dikatakannya pada bulan Desember 2022 FPP kami telah mengikuti Musyawarah Besar (Mubes) rencananya di Kabupaten OKU nantinya akan mengadakan Muscab FPP se OKU. Untuk saat ini FPP sudah ada SK kepengurusannya, Tinggal lagi Pengukuhan di Kabupaten OKU belum dilaksanakan, ujarnya.

Kami mengharapkan agar Ketua DPRD OKU Pak Ir. H. Marjito Bachri dapat membantu atau menjembatani pengukuhan FPP OKU. Kalau bisa acara pengukuhan tersebut berlangsung di Rumah Kabupaten, karena tempat tersebut milik rakyat OKU, katanya sambul tersenyum pada Kang Jito. (yudi).