Dies Natalis Unbara ke-22: Gubernur Tidak Akan Datang Lagi Jika Dosen Ada Yang Narkoba

oleh
Rektor Unbara Ir. Lindawati MZ, MT potong kue

BATURAJA.Samudra.News-Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH mendampingi Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam acara Dies Natalis Universitas Baturaja (Unbara) Ke-22 Tahun 2021. Bertempat di Kampus Universitas Baturaja-OKU, Kamis (29/07/2021).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri oleh Rektor Unbara Ir. Hj. Lindawati MZ, MT, Forkopimda Sumsel dan OKU, Anggota DPRD Provinsi Sumsel Dapil V Yenny Elita dan Tina Malinda , Ketua TP-PKK PROV Sumsel, Plh. Ketua TP-PKK OKU, Ketua Yayasan Sebimbing Sekundang Serta Undangan Lainnya.

Rektor Unbara Ir. Lindawati MZ, MT menyampaikan Kuliah Umum ini dalam rangkaian acara Dies Natalis Unbara Ke-22 dan memperingati HUT OKU Ke-111, dilaksanakan secara tatap muka dan melalui zoom meeting, Peserta kuliah umum melalui zoom meeting diikuti oleh 1.650 peserta.

Unbara didirikan tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak termasuk bantuan Pemerintah Kabupaten OKU dan Pemerintahan Provinsi Sumsel yang kebetulan Aula yang digunakan untuk kuliah umum hari ini adalah bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumsel, ujarnya.

Jumlah mahasiswa Unbara saat ini sebanyak 4.200 mahasiswa, dan Unbara terus berjalan sesuai tradisi perguruan tinggi yaitu tradisi akademik, tradisi cendekia dan tradisi pengabdian kepada masyarakat.

Unbara telah mendirikan program Strata-2 (S2) program studi Ekonomi Pertanian yang merupakan satu-satunya Universitas diluar Kota Palembang yang memiliki Program S2 agri bisnis.

Bertepatan dengan Dies Natalis ke-22 Unbara akan mendirikan Televisi  Unbara, Kiranya Gubernur Sumatera Selatan dapat memberikan dukungan kepada Yayasan Sebimbing Sekundang agar Unbara lebih dapat berkarya dan terus kerja keras, kerja cerdas untuk kemajuan kedepan.

Kuliah umum Gubernur Sumsel dengan materi Transformasi Budaya Unggul dan Berkarakter untuk Unbara Maju, Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kemajuan informasi dan teknologi sangat cepat dan berimbas pada pergeseran nilai-nilai budaya dan tingkah laku ditengah masyarakat,

Baca Juga :   Idham Azis: Saya Jamin Di Pilkada Polri Netral & Radikalisme Tidak Diidentikkan Dengan Islam

Untuk itu merupakan salah satu tugas Unbara melalui lembaga pengabdian masyarakat agar para generasi penerus tidak tergelincir pada nilai-nilai moral yang salah, hal tersebut sesuai dengan tri darma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan.

Selanjutnya diharapkan Unbara dapat mengadakan tahapan penyaringan kepada calon mahasiswa baru terkait minat yang akan dipilih yang bertujuan agar dalam bekerja nantinya dapat diaplikasikan ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan di bangku kuliah,

Sehingga tidak terjadi bias antara ilmu yang didapat dengan lingkungan kerja nantinya dan yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah sarana dan prasarana kampus diantaranya laboratorium yang dapat digunakan oleh dosen maupun mahasiswa dalam melakukan penelitian.

Herman Deru juga mengingatkan kepada jajaran para pengajar ataupun dosen Unbara serta seluruh mahasiswa agar jauhi Narkoba karena sangat berbahaya dan merusak masa depan bangsa.

Ditengah merebaknya pandemi Covid-19, diharapkan Unbara tetap eksis melakukan kegiatan kampus, jangan jadikan pandemi ini sebagai alasan untuk membatasi kreatifitas kampus dan mahasiswa namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Herman Deru menyampaikan hari ini kampus bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten OKU yang ke-111 maka kampus ini juga Ulang Tahun yang ke-22, tentunya banyak sekali prestasi dan penghargaan yang telah dihasilkan oleh mahasiswa/mahasiswi dari kampus Unbara ini.

Mengenai hal ini Pemerintah menghadapi banyaknya pengangguran yang semakin merebak, lebih mudah mengendalikan pengangguran yang non akademik daripada pengangguran yang bertitel karena punya beban psikologis gelarnya, ini tantangan generasi-generasi dimasa yang akan datang untuk bisa menciptakan lapangan kerja bagi nahasiswa/mahasiswi yang nanti setelah lulus dari kuliah.

Maka dari itu kampus ini harus di kolaborasikan sistem akademik dan psikologis bagi calon mahasiswa/mahasiswi agar nantinya tercipta lulusan yang cerdas dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas dan bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia khususnya di Sumsel ini.

Baca Juga :   Kapolda Sumsel & Mendagri Tito Karnavian Sholat Jumat Di Masjid Cheng-Ho Jakabaring

Acara Dilanjutkan dengan penyerahan Plakat kepada Gubernur Sumsel dan Plh. Bupati OKU serta memberikan bantuan CSR PT. Semen Baturaja dan pemotongan tumpeng Dies Natalis Unbara serta Launching Unbara TV (yudi).