Diacara Kuda Lumping, Kang Jito Dekat Dengan Siapapun Termasuk Dengan Anak Kecil

oleh -146 Dilihat
Kang Jito beri kue kepada anak kecil di acara Kuda Lumping

BATURAJA,Samudra.News-Komitmen Ir. H. Marjito Bachri atau yang biasa disapa Kang Jito terhadap pelestarian budaya daerah benar-benar ditunjukkan. Betapa tidak, disela-sela kesibukkan rutinitas jadwal sebagai Ketua DPRD OKU yang sangat padat dan belum lagi undangan masyarakat lainnya.

Kang Jito selalu menyempatkan waktunya untuk bertemu masyarakat di Bumi Sebimbing Sekundang. Sebagaimana terlihat Kang Jito berbaur dengan semua elemen masyarakat menonton Kuda Lumping atau Kuda Kepang Trisno Budoyo di Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur-OKU, Kamis (18/8/2022).

Nampak ribuan penonton padat memenuhi halaman dan jalan pemukiman warga. Tua muda, pria wanita bahkan anak-anak antusias menyaksikan tontonan gratis. Meskipun sempat diguyur hujan rintik–rintik tidak menyurutkan semangat dan tetap melihat pertunjukan sampai selesai pukul 17.30 WIB.

Kehadiran Kang Jito disambut hangat dan meriah oleh Ketua RT dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan langsung dihantarkan duduk dibawah tenda. Kang Jito tidak sendirian ia didampingi Anggota DPRD OKU Parwanto, SH. MH, A.Syukri Hokil, M.Si, RM. Hardi dan Eko Sungkono Patra.

Ditengah semarak pertunjukan, penyelenggara menghentikan aksi Kuda Lumping sekitar lima menit untuk memberikan kesempatan Ir. H. Marjito Bachri (Kang Jito) untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.

Dalam sambutannya, Kang Jito sangat bersyukur dan bangga  akan seni budaya leluhur, “Kalau bukan kita siapa lagi….kalau bukan sekarang kapan lagi”, maksudnya untuk merawat seni budaya leluhur kita, kata Kang Jito di acara tersebut.

Kang Jito tidak lupa memberikan apresiasi yang tinggi kepada para Pengurus, Pembina Seni Budaya Kuda Lumping, karena di era modern seperti saat ini, masih ada warga yang sangat konsen merawat budaya daerah.

Ditambahkan Kang Jito, siap bekerjasama membantu meningkatkan dan melestarikan budaya daerah di Bumi Sebimbing Sekundang dan menutup sambutannya dengan pekik  “Merdekaaa”.

Baca Juga :   SATGAS COVID-19 OKU, Pasien Yang Positif Belum Ada Penambahan

Ditempat yang sama, Tokoh Masyarakat Kemelak Joko sangat bangga pada sosok Kang Jito walau ia orang Ogan namun sangat perhatian dengan seni budaya Kuda Lumping, semoga orang seperti Ir. H. Marjito Bachri alias Kang Jito dapat menjadi pemimpin OKU dimasa mendatang, bahkan beberapa warga meneriakan Kang Jito OKU I dan siap mendukung dan memilihnya di tahun 2024.

Diakhir acara pertunjukan seni budaya Kuda Lumping, penonton Kuda Lumping antusias ingin foto bareng bersama dengan Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri untuk dijadikan kenangan, biar ingat di tahun 2024 mendatang (eko/yudi).