Dapat Informasi Bencana, Herman Deru Tinjau & Beri Bantuan Korban Banjir di Ujanmas

oleh
Gubernur bersama Kapolres, Dandim dan Kades

MUARA ENIM,Samudra.News-Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH kunjungi warga Ujanmas Baru Kecamatan Ujanmas-Muara Enim yang terkena Bencana Banjir Bandang, Jum’at (30/10/2020).

Dalam kunjungan tersebut Gubernur Sumsel Herman Deru juga didampingi Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Saputra, SH, SIK, MM, Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari, Kepala BNPB Muara Enim, Asisten III PemKab Muara Enim Amrullah Jamalludin, SE, Kades Ujan Mas Baru Syamsir dan pihak terkait lainnya.

Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH dalam laporannya mengatakan, telah terjadi Banjir Bandang Jum’at (30/10/2020) dinihari di Desa Ujanmas Baru, terkait itu Dinas BPBD, Dinas sosial dan Dinas terkait lannya terjun langsung ke lokasi bencana banjir bandang tersebut.

Gubernur tinjau lokasi yang mengakibatkan banjir

Adapun yang terkena dampak Banjir Bandang di Desa Ujanmas Baru sebanyak 122 KK dan Lima rumah roboh dan sisanya tergenang air, kata Plt.Bupati Muara Enim. Penyebab banjir dilokasi tersebut dikarenakan gorong-gorong memang tidak memungkinkan dan hingga tidak dapat menampung air yang banyak, sehingga mengakibatkan banjir.

Dilanjutkan H. Juarsah. banjir bandang ini juga disebabkan oleh curah hujan yang cukup lebat mengguyur wilayah Kabupaten Muara Enim dan sekitarnya. Aliran anak Sungai Mapur di Dusun VI Desa Ujanmas Baru tidak mampu menampung air hujan yang cukup lebat tersebut hingga menyebabkan air meluap, ujarnya.

Plt. Bupati Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang telah berkenan hadir meninjau lokasi bencana Banjir Bandang tersebut.

Gebernur Sumsel H. Herman Deru, langsung datang ke Dapur Umum yang sekaligus  menjadi Posko penerima bantuan yang didirikan oleh Pemkab Muara Enim melalui Dinas Sosial dan BNPB Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga :   LALU MUHAMMAD ZOHRI PEMUDA SEDERHANA, JUARA DUNIA LARI 100 M
Rumah warga yang roboh dihantam banjir bandang

Herman Deru mengatakan, ia ucapkan terima kasih kepada Pemkab Muara Enim yang cepat tanggap dan Gubernur cukup prihatin dengan kejadian yang menimpa warga Desa Ujanmas Baru. Gubernur Sumsel Herman Deru langsung memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah banjir melalui Posko yang sudah didirikan Pemkab Muara Enim tersebut.

Untuk Dinas terkait, Gubernur memerintahkan untuk segera menindaklanjuti penyebab banjir bandang yakni gorong-gorong yang tidak dapat menampung debit air di lokasi bencana. Bantuan yang telah diterima diposko ini distribusi dengan benar, walaupun bantuan ini belum mencukupi dan nantinya kebutuhan pangan akan dipasok termasuk peralatan balita, jelasnya.

Herman Deru berpesan kepada warga yang terkena musibah banjir bandang tersebut, agar tetap melaksanakan ibadah dan tabah, serta menjaga alam disekitar lokasi bencana, bersama-sama Pemkab Muara Enim dan masyarakat peduli lainnya, pungkasnya (herdi).