Bupati OKU Timur Launching Kampung Literasi dan Gerakan Sadar Arsip

oleh -269 Dilihat
Bupati OKU Timur melantik para duta literasi disemua jenjang

MARTAPURA,Samudra.News-Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST melaunching Kampung Literasi dan Gerakan Kabupaten Sadar Arsip Kabupaten OKU Timur. Bertempat di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Rabu (8/6/2022).

Dalam sambutannya Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST yang biasa disapa Enos menjelaskan, Kampung Literasi yang berada di Desa Srikaton Kecamatan Buay Madang Timur. Bahwa sebagai daerah yang dijadikan lokasi belajar literasi, OKU Timur juga akan dijadikan sebagai Kabupaten Gemar Membaca sampai ke semua Kecamatan yang ada di OKU Timur.

Dengan hadirnya Kampung Literasi ini di OKU Timur, kita bentuk OKU Timur sebagai daerah gemar membaca. Saat ini mungkin Kampung Literasi masih dimulai dari kampung, nantinya akan berkembang ke semua sekolah di Bumi Sebiduk Sehaluan, ujarnya.

Bupati sematkan selendang duta letarasi bagi pelajar

Enos juga mengharapakan, dimas mendatang masyarakat OKU Timur harus tampil sejajar dengan daerah-deerah maju lainnya terutama dalam hal tingkat membacanya. Demi tercapainya hal tersebut, kampung literasi sendiri akan dibentuk di setiap sekolah hingga berkembang ke semua Kecamatan-Kecamatan, katanya.

Kepala Dinas Perpustakan Provinsi Sumatera Selatan Fitriana, SSos, MSi menjelaskan jika program Kampung Literasi ini adalah program Kementerian Pendidikan dan Budaya yang juga dicanangkan di 31 Provinsi di Indonesia. Dan memang salah satu program pokok dari empat program untuk mengentaskan buta huruf atau pendidikan Keaksaraan, ujarnya.

Bupati OKU Timur H. Lanozin foto bersama para Duta Literasi

Fitriana, SSos, MSi menambakan, merubah paradigma masyarakat untuk kembali membiasakan membaca sebagai insan literat dan membuka gerbang kehidupan melalui tatanan ilmu dan kecakapan hidup dimulai dengan iqra (bacalah), dari buku kita baca membuka jendela dunia mengarungi cakrawala.

Untuk membangun masyarakat yang berkecakapan hidup dimulai dari Kampung Literasi, dengan mengetengahkan Taman Baca Masyarakat (TBM) sebagai pioner dalam memasyarakatkan literasi dan meliterasikan masyarakat.

Baca Juga :   Hendak Menggagalkan Aksi Pencurian, Pelajar Ini Ditembak Hingga Tewas Oleh Sang Pelaku

Ditempat yang sama Ketua TP-PKK OKU Timur yang sekaligus Bunda Literasi OKU Timur dr Sheila Noberta, SpA, M. Kes menyampaikan dalam launching kampung literasi di Balai Rakyat OKU Timur semua Bunda Literasi Kecamatan, Duta Baca Daerah, Duta Baca Pelajar, Relawan Arsip di 20 Kecamatan di OKU Timur untuk membacakan Tupoksi masing-masing pemangku kepentingan.

Bupati foto bersama dgn Forkopimda dan duta literasi OKU Timur

Kampung Literasi yang dilaunchingkan pertama kali di Kabupaten OKU Timur, mudah-mudahan bisa menjadi pioner sekaligus pilot project yang berkelanjutan yang mengangkat budaya kearifan lokal dimulai dari masyarkat Literat berbudaya baca dan tulis dalam berliterasi, katanya.

Sebagai generasi leterat, mari kita tanamkan jiwa literasi pada diri kita untuk mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia dengan “ OKU Timur Gemar Membaca OKU Timur Sejahtera”.

Kesejahteraan Masyarakat akan tercapai jika masyarakat itu mengerti akan budaya baca dan mengimplementasikan Literasi yang sesungguhnya. Ia berharap masyarakat untuk lebih gemar membaca sebagai ikhtiar membuka cakrawala dunia, pungkasnya (ADV/Samudra.News).