Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah Lantik 57 Kades Zona I & Zona II

oleh
Sambutan Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST

OKU TIMUR,Samudra.News-Sehubungan masih adanya pandemi virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19, Pemkab OKU Timur Sumsel mulai, Senin (7/6/2021) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah calon kepala desa yang terpilih dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 7 April 2021 lalu.

Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST yang biasa disapa Enos ini mengatakan, Kepala Desa (Kades) adalah pegawai pemerintahan, setiap langkah harus sesuai dengan Undang-Undang, jika Kades melenceng maka resiko akan dihadapi, ujarnya.

Kades diharapkan dapat bekerjasama dengan aparat desa, untuk membangun Desa, itu dapat dilakukan dengan kordinasi antara Kades dengan aparat desa lainnya. Enos juga mengingatkan Kades adalah Ketua Pemberantasan Covid-19 di Desa, saya meminta untuk mengajak masyarakat desa tetap menjaga protokol kesehatan.

Sebelum pelantikan, menyanyikan lagu Indonesia Raya

Dari pantauan media acara tersebut dihadiri Wakil Bupati OKU Timur HM. Adi Nugraha Purna Yudha, SH, Forkopimda OKU Timur, Kepala OPD, Kabag, Camat, Kades Terpilih dan undangan lainnya.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan di mulai dari pengambilan surat keputusan Bupati OKU Timur kepada Kepala Desa (Kades) terpilih. Diperlukannya kordinasi antar aparat desa biar desa tetap membangun. Dalam pelantikan kali ini berbeda dari biasanya karena suasana pandemi Covid-19, oleh sebab itu prosedurnya banyak keterbatasan undangan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Kades adalah Wakil Bupati, saudara saudari bekerja untuk mensejahterakan masyarakat. Kades diharuskan melakukan evaluasi, jika ditemukan temuan, silahkan kirim surat ke PMD dan Camat untuk diganti.

Penandatanganan berita acara pelantikan Kades

Bekerjalah dengan sunguh-sunguh, tugas dan amanah yang saudara saudari emban perlu dilertangjawabkan kepada masyarakat dan Tuhan. Bupati tidak lupa mengucapkan “Selamat Bekerja dan Bertugas”, bekerjalah dengan ikhlas, karenanya nanti Kades akan di mintai pertangung jawaban, tegasnya.

Baca Juga :   Sekda OKU Dr. H. Achmad Tarmizi Hadiri Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019

Ditempat yang berbeda Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H. Rusman melalui Kabid Pemerintahan Desa Hendri Nursandi mengatakan, Minggu (6/6/2021). Mengatakan, mulai Senin (7/6/2021) sebanyak 210 Kades terpilih akan dilantik secara bertahap, ujarnya.

Pelantikan dilakukan di tujuh (7) zona, zona pertama pada Senin (7/6/2021) bertempat di Kantor Camat BP Peliung, dimana Bupati OKU Timur melantik kades terpilih dari Kecamatan Martapura sebanyak 24 Kades, Kecamatan BP Peliung, Kecamatan Bunga Mayang, Kecamatan Jayapura dan Kecamatan Madang Suku III.

Bupati OKU Tim,ur menandatangani berita acara pelantikan

Kadis PMD melanjutkan untuk Zona II bertempat di Kecamatan Buay Madang Bupati Lanosin Hamzah melantik Kades terpilih sebanyak 33 orang Kades. Terdiri dari Kecamatan Buay Madang, Kecamatan BP Bangsa Raja, Kecamatan Madang Suku II, katanya.

Untuk Zona III pelantikan akan dilakukan Selasa (8/6/2021) bertempat di Kecamatan Belitang Jaya, dan yang dilantik kades terpilih dari Kecamatan Belitang Jaya dan Kecamatan Buay Madang Timur.

Hendri melanjutkan, untuk Zona IV bertempat di Kantor Camat Belitang Madang Raya, akan melantik Kades terpilih di Kecamatan Belitang Madang Raya dan Kecamatan Belitang. Zona V akan dilakukan pelantikan Rabu (9/6/2021) bertempat di Kantor Camat Semendawai Barat, akan melantik kades terpilih dari Kecamatan Semendawai Barat, Kecamatan Cempaka dan Kecamatan Madang Suku I.

Foto bersama Bupati, Forkopimda, Kades yang baru saja dilantik

Pelantikan untuk Zona VI bertempat di Kantor Kecamatan Semendawai Suku III yakni Kades terpilih dari Kecamatan Semendawai Suku III, Kecamatan Semendawai Timur dan Kecamatan Belitang II.

Terakhir Zona VII akan diselangarakan pada Kamis (10/6/2021) bertempat di Kantor Camat Belitang III akan melantik Kades terpilih Belitang III dan Belitang Mulya. Untuk 12 Desa yang masih berengketa, belum dilakukan pelantikan dan akan ditentukan kemudian hari, jelasnya.

Baca Juga :   Kombes Pol Drs. Lamazi AS Hadiri Deklarasi Janji Kinerja 2020 & Komitmen Zona Integritas di Kemenkumham Sumsel

Pelantikan kades terpilih ini mengutamakan protokol kesehatan dan tidak mengumpulkan massa, panitia pelantikan hanya mengundang Kepala Desa terpilih, Pj. Kades, Istri Kepala Desa yang dilantik, Panitia Pemilihan Kepala Desa serta Ketua BPD Desa dan juga di siapkan tenpat cuci tangan sesuai dengan protokol kesehatan, pungkasnya (hum/yudi).