Bupati OKU Timur Buka Sosialisasi Pelayanan Administrasi Dukcapil di Taraman, SS-III

oleh -136 Dilihat
BUpati OKU Timur, H. Lanosin Hamzah, ST

OKU TIMUR,Samudra.News-Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, ST menghadiri kegiatan Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, dan Perekaman KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil OKU Timur. Bertempat di Desa Taraman, Kecamatan Semendawai Suku III (BK16) Kabupaten OKU Timur, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan Sosialisasi tersebut dihadiri langsung oleh Bupati OKU Timur, H. Lanosin, S.T didampingi oleh Asisten III Sutrisno, S.E. M.M, Staf Khusus Suparman, Kepala Dinas PUTR Aldi Gurlanda, S.T. M.M, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil H. Mursal, S.H. M.M, Kepala Dinas Pehubungan, Kepala Satuan Pol PP, Kabag Prokopim, Kabag Umum, dan Camat Semendawai Suku III.

Tampak masyarakat begitu antusias menyambut kegiatan sosialisasi tersebut, karena Kecamatan Semendawai Suku III cukup jauh dengan perkantoran pemda khususnya yang mau berurusan ke Dinas Dukcapil harus mamakan waktu 2,5 sampai 3 Jam perjalanan.

Dengan adanya pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sampai perekaman KTP-el di daerah ini, maka akan mempermudah akses masyarakat untuk mengurus keperluan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah dan lain sebagainya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil OKU Timur H. Mursal, S.H. M.M menyampaikan “Kegiatan ini juga menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil mulai dari KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KIA dan lainnya.

Disdukcapil terus berupaya melakukan pendataan dan penertiban administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Hari ini kami lakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa dalam pengurusan administrasi dukcapil bisa lebih mudah, dekat dan cepat” jelasnya.

Kepala Desa Taraman, Suhendro menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam acara sosialisasi tersebut, kemudian ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Camat Semendawai Suku III.

Baca Juga :   KURYANA AZIS Takziah Ke Rumah Almarhumah Sulastri, Kini Anaknya Yatim Piatu

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T mengatakan, pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini sebelumnya terpusat di Martapura yaitu di Dinas Dukcapil, namun sekarang sudah bisa diurus ke beberapa kecamatan sebagai UPTD seperti di Gumawang dan Belitang 1.

Lanosin berharap, sosialisasi ini bisa tersampaikan ke semua masyarakat agar dapat mengetahui tentang UPTD pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil serta perekaman KTP-el ini, ungkapnya.

Di sela sela acara, dilakukan penyerahan secara simbolis KTP untuk remaja berusia 17 tahun, Kartu Indentitas Anak (KIA), dan Kartu Keluarga. Masyarakat di Semendawai Suku III sangat berterima kasih atas inovasi dalam pelayanan administrasi Dukcapil tersebut (red).