Bupati OKU Timur Buka Festival Sebiduk Sehaluan 2023 dan Resmikan Website Aksara Komering

oleh -310 Dilihat

MARTAPURA,Samudra.News-Dalam rangka melestarikan Seni dan Budaya di OKU Timur, Pemkab OKU Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Festival Sebiduk Sehaluan Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Sepak bola, Desa Sumber Agung, Buay Madang, Sabtu (23/9/2023).

Dalam Festival yang bertajuk Pentas Seni dan Budaya OKU Timur itu juga dilakukan Launching Aksara Kaganga Komering yang merupakan warisan sejarah Kabupaten OKU Timur dan Launching Website Aksara Komering.ID serta Festival Tunas Bahasa Ibu.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel, Kepala Disdikbud OKU Timur dan para Kepala OPD, Ketua STIT NU Sumber Agung, Kapolsek Buay Madang, Danramil Buay Madang, Camat Buay Madang dan Para Kepala Sekolah.

Dalam Laporannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, S.Pd. menyampaikan terimakasih kepada bapak Bupati OKU Timur atas dukungannya dan berkenan melaunching Aksara Kaganga. Ia menjelaskan tujuan kegiatan tersebut kepada tamu undangan yang hadir.

Bupati OKU Timur saat memukul Gong tanda diresmikannya festival

“Tujuannya meliterasi budaya daerah dalam hal seni budaya di OKU timur, memperkenalkan keberagamaan dan kerukunan antar budaya, melaksanakan peluncuran website Aksara Kaganga, menyalurkan bantuan bupati berupa alat kesenian, hadroh, ku lintang dan kuda lumping serta menyalurkan bantuan bupati berupa Alquran”, ujarnya.

Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan, “Kebudayaan itu sangat penting dilestarikan, asal katanya yaitu budaya, kemudian budaya itu adalah kebiasaan kita sehari-hari yang rutin dilakukan. Maka Budaya menjadu hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita dan harus dilestarikan, namun Budaya yang kita jalani haruslah budaya yang baik dan positif”.

Bupati OKU Timur, Enos juga menuturkan dirinya mengapresiasi kegiatan Festival Sebiduk Sehaluan yang setiap tahunnya dilaksanakan. Ia mengajak masyarakat untuk berpegang teguh pada slogan Sebiduk Sehaluan, Ia juga memaknai siapapun dan dimanapun berada, jika itu orang OKU Timur maka akan kembali ke OKU Timur dan tetap membawa Budaya OKU Timur dimanapun berada.

Baca Juga :   Pedang Pora Lepas Kepergian AKBP Arif Hidayat Ritonga Bersama Istri

Ditandai dengan pemukulan gong, Bupati OKU Timur, Enos Resmi Membuka Acara Festival Sebiduk Sehaluan dan melaunching Website Aksara Kaganga Komering, dilanjutkan dengan peninjauan stand UMKM yang turut memeriahkan acara tersebut (**).