Bupati OKU : Festival Sriwijaya Ke-28, Bukti Kekayaan Budaya Sumatera Selatan

oleh -177 Dilihat
Bupati OKU saat memasuki Festival Sriwijaya

PALEMBANG-Siapa yang tak kenal Kerajaan Sriwijaya yang termashur dimasanya, menyimpan beragam kebudayaan menarik. Kesan romantis, mistis, dan filosofis seakan tepat untuk menggambarkan berbagai budaya. Keberagaman budaya itulah yang coba disajikan dalam Festival Sriwijaya dengan tema “Sriwijaya Bangkit Maju Bersama, Bersatu Dalam Keberagaman Budaya” yang digelar di Benteng Kuto Besak Palembang, Senin (17/06).

Tidak ketinggalan, Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Kadin Pariwisata Paisol Ibrahim, Kabag Humas dan Protokol Feri Iswan dan lainnya turut serta menghadiri pembukaan Festival Sriwijaya Ke-28 yang dilaksanakan mulai tanggal 16 sampai dengan 22 Juni 2019 di Plaza BKB pinggiran Sungai Musi Palembang. Pada kesempatan itu, Bupati OKU Drs H. Kuryana Azis, menyampaikan, kota Palembang merupakan peninggalan zaman Kerajaan Sriwijaya. Banyak peninggalan sejarah terdahulunya yang harus kita jaga kelestariannya, kata Kuryana.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, kota Palembang adalah kota tertua di Indonesia dimana saat ini masih sisa peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Ada tiga hal peninggalan besar yang membuktikan bahwa Kerajaan Sriwijaya sangat mempengaruhi peradaban, kata Herman Deru.

Saat ini, lanjut Herman Deru pertama Sriwijaya berjasa dalam mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian kapal-kapal Sriwijaya yang berlayar ke berbagai wilayah ikut mempengaruhi hadirnya bahasa Melayu yang sekarang dinikmati sebagai bahasa Indonesia, ujarnya.

Dan yang ketiga Sriwijaya ikut menumbuhkan gagasan pendidikan dan memberikan contoh toleransi dan kehidupan multi kultur. Herman Deru juga menambahkan, pembukaan Festival Sriwijaya ini ditandai dengan pembentangan layar Kapal Sriwijaya secara simbolis oleh Gubernur Sumsel.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, Rizky Handayani, Sekda Provinsi, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Ketua Arsip Nasional, Walikota Palembang dan seluruh Bupati/Walikota se-Sumsel. acara berlangsung lancar dan tertib, pungkasnya (yudi)

Baca Juga :   Kodim 0403/OKU, Gelar Istighosah dan Do’a Bersama Untuk Lombok, Palu & Donggala