Bupati & Kadis Perkim OKU Hadiri Sosialisasi Program BSPS dan Bantuan RTLH

oleh
Sambutan Bupati OKU, Drs. H. Kuryana Azis

BATURAJA,Samudra.News-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis membuka Sosialisasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Rehabilitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kabupaten OKU Tahun 2020.  Bertempat di Balai Desa Lubuk Banjar Kecamatan Lubuk Raja, Sabtu (19/09/2020).

Hadir pada acara ini Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera V yang diwakili Syeila Nadira Ikhwan, ST, Anggota DPRD OKU Dapil 3, Kepala Dinas Perkim OKU Ir. H. Ulia Mahdi, MM, Kepala Bapeda OKU Gunawan Somad dan Kepala OPD lainnya, Kabag, Muspika Lubuk Raja dan warga masyarakat Desa Lubuk Banjar.

Foto bersama dengan penerima nbantuan RTLH

Sebanyak 330 rumah warga masyarakat yang ada di Kabupaten OKU yang tersebar di dua kecamatan Lubuk Raja dan Baturaja Barat akan mendapatkan  perbaikan rumah melalui program BSPS, hal itu disampaikan Kepala Dinas PU Perkim Kabupaten OKU Ir. Ulia Mahdi, MM pada pelaksanaan  sosialisasi BSPS di Kecamatan Lubuk Raja.

Kepala Dinas PU Perkim Ir. H. Ulia Mahdi, MM mengatakan, dengan adanya program ini, diharapkan kedepan seluruh masyarakat di Kabupaten OKU tinggal di rumah yang layak huni. Dari 330 unit rumah tersebut, 200 unit diperuntukan kepada warga Kecamatan Lubuk Raja, ujarnya.

Sosialisasi Program BSPS dipusatkan di Kecamatan Lubuk Raja, yakni Desa Batu Raden 50 unit, Desa Batu Marta II 50 unit, dan desa Lubuk Banjar 100 unit. Sedangkan bantuan RTLH Dana Alokasi Khusus (DAK) di kecamatan Baturaja Barat, yaitu Kelurahan Batu Kuning 80 unit, dan kelurahan Saung Naga 50 unit.

Kadis Perkim OKU serahkan secara simbolis bantuan RTLH

Masyarakat penerima bantuan RTLH sebesar Rp.17.500.000,- untuk satu unit rumah. Rp.15.000.000,- untuk bahan  bangunan, dan Rp.2.500.000,- untuk upah pekerjaan perbaikan  rumah.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan   Perumahan Sumatera V yang diwakili Syeila Nadira Ikhwan, ST, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus berupaya  mengurangi jumlah rumah tidak layak huni dalam program stimulan BSPS ini.

Baca Juga :   Sosialisasi FKDM Mengedukasi Masyarakat Tentang Bahaya Radikalisme dan Hoaks

Pada tahun 2020 ini, Provinsi Sumsel mendapat alokasi BSPS sebanyak 7200 penerima bantuan, untuk Kabupaten OKU mendapat  alokasi sebanyak 330 unit.

Bupati tinjau rumah yang akan dibedah oleh PU Perkim OKU

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis  mengatakan, sosialisasi ini penting bagi Kabupaten OKU untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat, karena BSPS dan  rehabilitasi RTLH merupakan program yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan kualitas perumahan masyarakat yang tidak layak huni menjadi rumah layak huni.

Saat ini pemerintah pusat dan daerah terus berupaya memperbaiki kehidupan masyarakat, salah satunya memberikan bantuan program rumah layak huni untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Pada tahun 2020 ini, Kabupaten OKU mendapatkan bantuan perumahan yang dananya  bersumber dari pusat yaitu program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten OKU.

Bupati OKU mengapresiasi kepada  Balai Pelaksana Penyediaan  Perumahan Sumatera V Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dengan adanya program BSPS dan RTLH dalam  mendukung kemajuan daerah, pungkasnya (yudi).