Boy Rafli Amar Nostalgia Sekaligus Ziarah Ke Makam Orang Tua Angkatnya Menjelang Bulan Ramadhan

oleh -662 Dilihat
Boy Rafli Amar dan Istri foto bersama keluarga HM Saleh Hasan

BATURAJA,Samudra.News-Kecintaan Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, MH terhadap Ayah angkatnya yakni almarhum HM Saleh Hasan, SH seakan tak lekang oleh waktu. Meski almarhum HM Saleh Hasan sudah lama berpulang menghadap sang pencipta, sosoknya tetap melekat di hati Boy Rafli Amar hingga kini.

Seperti diketahui, Boy begitulah ia akrab disapa keluarga besar HM Saleh Hasan, SH. Walau kesibukan dan waktu yang sangat padat sebagai Kepala BNPT, usai kunjungan kerja ke Polda Sumatera Selatan sebagai narasumber “Dialog Public War On Drugs, Rabu, 1 Maret 2023”.

Niat yang lama terpendam karena kesibukan, akhirnya begitu ada waktu dan kesempatan Boy langsung meluncur ke kampung halaman orang tua angkatnya almarhum HM. Saleh Hasan, SH mantan Bupati OKU periode 1979-1989 di Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Boy Rafli Amar saat bertemu Ibu angkatnya di Baturaja OKU

Setibanya di Taman Burung Air Karang, Tanjung Baru, Baturaja-OKU Sumsel. Boy Rafli Amar disambut dan didampingi anak anak almarhum HM Saleh Hasan diantaranya Yun Saleh, Faisal Saleh, Sofian Saleh dan Eddy Jaya Saleh serta sanak famili lainnya.

Kemudian Boy dan Istrinya langsung menemui istri Almarhum HM Saleh Hasan yang terbaring ditempat tidur karena usia lanjut. Boy dan istri tercintanya penuh keharuan melepas kangen dan rindu begitu dalam kepada Ibu angkatnya tersebut.

“40 tahun yang lalu ketika saya masih sekolah SMP, SMA maupun ketika masih di Akademi Kepolisian saat sedang cuti saya pasti berkunjung ke sini (Baturaja-red)”, tuturnya.

Boy Rafli Amar berbincang dengan keluarga HM Saleh Hasan (Alm)

Diakuinya ia sangat dekat bahkan sudah seperti keluarga dengan keluarga besar HM Saleh Hasan, SH. Saya dan Saudara Sofian Saleh berteman sejak SMP, kami  bahkan disetiap kesempatan saat sedang libur selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Baturaja OKU.

Baca Juga :   WABUP OKU Selatan Terkonfirmasi Positif Covid-19, Sekarang Diisolasi di RS Siloam

 

“Kalau saya libur entah itu diajak atau inisiatif saya sendiri pasti ke Baturaja, disini ada kenangan dan momen yang indah tersendiri bagi saya,” ujarnya.

Potret Boy saat mendatangi suatu tempat yang Bernama Taman Burung dan Rumah Dinas Bupati OKU pun jadi sorotan publik. Maklum Boy semasa kecil dulu rajin pulang ke Baturaja dan menginap di Rumah Taman Burung bahkan di Rumah Kabupaten, siangnya sering berolahraga Basket bersama Sofian Saleh dan rekan-rekannya di Baturaja.

Boy Rafli menginat kenangan masa lalu saat di Rumah Dinas Bupati OKU

Dalam momen pulang kampung tersebut, Boy nampak tengah mengunjungi sebuah tempat tempat yang pernah kenangan dilalui semasa tinggal di Baturaja. Rumah Kabupaten yang tidak banyak perubahan dengan rimbunnya pepohonan.

Bahkan pria kelahiran 25 maret 1965 itu sempat berkeliling dirumah Dinas Bupati OKU atau biasa disebut Rumah Kabupaten untuk mengenang masa-masa saat ia sering berkunjung ke Baturaja-OKU.

“Masih ada kesamaan seperti dulu”, ujar Boy saat mengingat suatu ruangan di Rumah Dinas Bupati OKU dan halamannya tampak asri dan menyejukan karena masih ada pepohonan yang mengelilingi Rumah Kabupaten tersebut.

Boy Rafli Amar ziarah di makam orang tua angkatnya di TPU Tanjung Baru, Baturaja-OKU

Dalam kunjungan ke Rumah Kabupaten Boy tampak didampingi para pejabat Pemkab OKU diantaranya Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri, Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, SIK, MH, Penjabat Sekda OKU Dharmawan Irianto, SSos, MM, dan keluarga besar HM Saleh Hasan sewaktu berkunjung ke Rumah Kabupaten untuk menikmati dan bernostalgia ditempat tersebut.

Pesona Rumah Kabupaten dan Taman Burung menjadi sebuah magnet tersendiri didalam lubuk hati dan memori masa muda Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, MH yang kini menjabat sebagai Kepala BNPT.

Usai mengunjungi Rumah Kabupaten Boy dan Istri mengunjungi makam orang tua angkatnya di Desa Tanjung Baru tidak jauh dari rumah pribadi almarhum HM Saleh Hasan, SH. Setibanya diarea pemakaman Almarhum HM Saleh Hasan, Boy dan rombongan disambut hujan gerimis. Namun tidak menghentikan langkah dan niat Boy dan istri untuk melakukan ziarah menjelang bulan suci Ramadhan (yudi).