BI Sumsel Layani Kebutuhan Uang di Ramadhan Hingga Rp4,2 T, Sinyal Penguatan Ekonomi Sumsel

oleh -133 Dilihat

PALEMBANG,Samudra.News-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (BI Sumsel) bersinergi dengan tujuh Perbankan di Kota Palembang meluncurkan layanan Kas Keliling Terpadu pada tanggal 17-18 April 2023. Bertempat di Halaman Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang.

Kegiatan ini sekaligus menutup rangkaian kegiatan SERAMBI 2023 Provinsi Sumatera Selatan yang telah memberikan layanan penukaran lebih dari 145 titik selama bulan Ramadhan 1444 H/2023 M.

Kegiatan kas keliling tersebut disambut dengan antusias oleh masyarakat, dimana pelayanan mencapai kurang lebih 2.000 antrian per harinya dengan pecahan Rupiah yang paling diminati masyarakat adalah pecahan nominal Rp5.000,-, Rp1.000,-, Rp10.000,-, Rp2.000,- dan Rp20.000.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja, menyampaikan bahwa program SERAMBI 2023 ini merupakan wujud kepedulian Bank Indonesia agar masyarakat dapat merayakan lebaran dengan bahagia menggunakan Rupiah emisi terbaru.

Di tahun 2023, aktivitas perekonomian masyarakat cenderung mengalami peningkatan yang tercermin dari realisasi penarikan/outflow uang kartal Provinsi Sumatera Selatan jelang Hari Raya Idulfitri yang sebelumnya tercatat sebesar Rp3,793 triliun di tahun 2022 menjadi Rp4,230 triliun atau tumbuh 12% (yoy). Capaian tersebut lebih tinggi dari target sebelumnya sebesar Rp3,778 triliun.

Lebih lanjut Erwin juga menyampaikan bahwa BI Sumsel terus mendorong agar masyarakat semakin mencintai dan menghargai Rupiah melalui kampanye Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.

Ibu ibu usai menukarkan uang rupaih untuk lebaran Idul Fitri 1444 H

Dalam hal ini, BI Sumsel telah melakukan sosialisasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah sebanyak 53 kali di sepanjang tahun 2022 dan 13 kali di sepanjang tahun 2023 baik secara offline maupun online dengan menyasar ke seluruh lapisan masyarakat Sumatera Selatan. “Dengan menggunakan Rupiah pada setiap transaksi, maka kita sudah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar Rupiah dan membangun kepercayaan dunia terhadap Rupiah”, jelas Erwin.

Baca Juga :   Bupati Muara Enim Membuka Lomba Membaca Kitab Kuning

Tidak hanya di tempat ibadah, selama bulan Ramadan 1444 H, BI Sumsel melalui kegiatan SERAMBI 2023 telah memberikan layanan penukaran uang di beberapa titik lokasi keramaian seperti pusat perbelanjaan, rest area tol, stasiun kereta api, dan bandara.

BI Sumsel juga melakukan kas keliling ke beberapa desa di tepian Sungai Musi melalui program Susur Sungai Musi. Selain memberikan layanan penukaran uang, Bank Indonesia juga secara kontinu melakukan edukasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah kepada masyarakat. Edukasi tersebut dikemas secara menarik melalui berbagai permainan interaktif yang bisa dimainkan secara gratis oleh pengunjung di booth yang disediakan oleh Bank Indonesia.

BI Sumsel juga berupaya untuk memastikan uang Rupiah yang diterima masyarakat layak edar dengan melakukan kegiatan pengolahan uang Rupiah.

Selain itu sebagai Depot Kas Wilayah, BI Sumsel juga melakukan distribusi uang kartal ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia di wilayah Bangka Belitung, Bengkulu, dan Jambi dengan total uang yang terdistribusi senilai Rp4,542 triliun.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan menghaturkan terima kasih atas dukungan instasi terkait dan antusias masyarakat sehingga rangkaian kegiatan SERAMBI 2023 dapat berjalan aman serta lancar. Bank Indonesia juga mengajak masyarakat untuk dapat membelanjakan uang Rupiahnya secara bijak khususnya pada momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) ini.

Masyarakat juga dihimbau untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah, menjaga Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk Bangga Rupiah, dan mengenal fungsi Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk Paham Rupiah.(ril).